Monday, 13 Sya'ban 1441 / 06 April 2020

Monday, 13 Sya'ban 1441 / 06 April 2020

Pencuri Gasak Koleksi Seni 1,1 Miliar Dolar AS di Jerman

Selasa 26 Nov 2019 05:39 WIB

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Friska Yolanda

Museum (ilustrasi)

Museum (ilustrasi)

Foto: Muhyiddin/Republika
Pelaku menggasak perhiasan, berlian, dan permata bersejarah.

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN -- Museum Green Vault di Dresden, Jerman, dirampok pada Senin (25/11) dini hari waktu setempat. Kawanan pencuri berhasil menggondol benda bernilai 1,1 miliar dolar AS.

"Kami dapat mengonfirmasi pembobolan di Green Vault. Kelompok penyelidik kejahatan ada di tempat kejadian. Para pelaku sedang dalam pelarian," kata juru bicara kepolisian Thomas Geithner, dikutip laman Anadolu Agency.

Kawanan pencuri diduga berhasil memasuki museum pada pukul 05.00 pagi, Mereka menggasak perhiasan, berlian, dan permata bersejarah. Kepolisian mengatakan aksi pencurian tersebut terekam salah satu kamera pengawas museum.

Perdana Menteri Dresden Michael Kretschmer menyuarakan kemarahannya atas peristiwa tersebut. Menurutnya, apa yang digondol pencuri adalah barang-barang seni koleksi negara.

"Barang-barang berharga yang disimpan di Green Vault dan Residezschloss diperoleh oleh orang-orang di Negara Bebas Saxony dengan kesulitan, selama berabad-abad," ujarnya seraya menambahkan bahwa koleksi di Green Vault adalah bagian integral dari sejarah Saxony, dikutip laman BBC. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA