Saturday, 30 Jumadil Awwal 1441 / 25 January 2020

Saturday, 30 Jumadil Awwal 1441 / 25 January 2020

Rumah Zakat Sosialisasikan 3M di Desa Berdaya Sukosari

Senin 25 Nov 2019 17:15 WIB

Red: Gita Amanda

Rumah Zakat sosialisasikan 3M di Desa Berdaya Sukosari.

Rumah Zakat sosialisasikan 3M di Desa Berdaya Sukosari.

Foto: Rumah Zakat
Para lansia sangat antusias mengikuti kegiatan sosialisasi 3 M.

REPUBLIKA.CO.ID, KARANGANYAR -- Seperti biasanya tiap tanggal 20 kegiatan Posyandu lansia di Dusun Bakdalem, RT 02/04 Desa Sukosari Kecamatan Jumantono, Posyandu lansia ini menjadi satu-satunya Posyandu yang berada di Desa Berdaya Sukosari. Para lansia sangat antusias mengikuti kegiatan ini, hal ini dapat dilihat dari kehadiran mereka yang cukup banyak.

Baca Juga

Kegiatan ini telah bersinergi dengan Rumah Zakat melalui mitranya Cita Sehat Foundation (CSF) yang telah berjalan sejak tahun 2019. Adapun support yang diberikan Rumah Zakat ialah bantuan alat cek kesehatan, support transportasi/kereta kelinci, penyuluhan kesehatan dan Pemberian Makanan Tambahan (PMT).

Para Lansia telah memadati rumah Pak Kadus yang menjadi lokasi kegiatan ini sejak jam 6.30 WIB pagi. Hari ini spesial diadakan pagi karena pada jam 09.00 WIB para lansia diajak jalan-jalan ke Taman Pakujoyo Sukoharjo. Maka kegiatan pendaftaran, penimbangan cek tensi, Berat dan tinggi badan dapat dimulai lebih awal.

photo
Rumah Zakat sosialisasikan 3M di Desa Berdaya Sukosari.

Tepat pada pukul 06.30 WIB kegiatan dimulai dengan pembukaan dan pendaftaran para lansia oleh kader Posyandu. Dilanjutkan pengecekan tensi darah, pengukuran tinggi badan dan penimbangan berat badan. Fasilitas yang diberikan oleh kader posyandu yaitu pemeriksaan gula darah, asam urat, dan kolesterol semua ini diberikan cuma-cuma kepada para lansia agar mereka tetap bahagia dan terkontrol kesehatannya.

Tepat jam 09.00 WIB kegiatan Posyandu lansia telah usai, merekapun bersiap-siap dengan dua kereta kelinci yang telah menunggu sejak pagi. Mereka tampak bahagia dalam menikmati perjalanannya. Sekitar satu jam perjalanan dengan kereta kelinci tibalah mereka di Taman Pakujoyo Sukoharjo.

Pada bulan November ini, Bidan Desa yaitu Titin memberikan penyuluhan tentang pentingnya pencegahan terhadap demam berdarah, hal ini dikarenakan telah terjadi kasus demam berdarah di dusun bakdalem beberapa waktu yang lalu.

“Hari ini kami sangat bahagia bisa jalan-jalan di taman Pakujoyo, pemandanganya bagus dan perjalanannya menyenangkan,” kata Ruginah, salah satu lansia, sambil senyum.

Sinergi ini disambut baik oleh Sumiyati, salah satu kader Posyandu Desa Sukosari, beliau mengatakan Posyandu lansia Ngudi Sehat adalah satu-satunya Posyandu lansia di Desa Sukosari, sehingga ini menjadi percontohan untuk dusun-dusun lainya. "Maka kami harapkan kegiatan ini dapat terus berjalan, kami mohon dukungan dari semua pihak. Terimaksih support yang diberikan Rumah Zakat, kami harap kita dapat terus saling bekerja sama,” ungkapnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA