Tuesday, 3 Jumadil Akhir 1441 / 28 January 2020

Tuesday, 3 Jumadil Akhir 1441 / 28 January 2020

Mendikbud Ingin Dorong Kemerdekaan Belajar

Senin 25 Nov 2019 15:09 WIB

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Esthi Maharani

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim

Foto: Republika/Inas Widyanuratikah
Pemerintah harus bisa menyediakan ruang belajar dan berinovasi bagi pelaku pendidikan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim mengatakan salah satu hal yang penting untuk pendidikan Indonesia ke depannya adalah kemerdekaan dalam belajar. Menurut Nadiem, pemerintah harus bisa menyediakan ruang belajar dan berinovasi bagi para pelaku-pelaku di bidang pendidikan.

"PR di bagian Kemendikbud dan dinas pendidikan di daerah-daerah itu besar sekali untuk memberikan ruang inovasi pada guru, sekolah dan juga siswa kita," kata Nadiem, ditemui usai upacara peringatan Hari Guru Nasional, di halaman kantor Kemendikbud, Senin (25/11).

Kemerdekaan untuk belajar di Indonesia masih belum sepenuhnya didapatkan oleh guru ataupun murid. Menurut Nadiem, merdeka dalam belajar yakni unit pendidikan yaitu sekolah dan juga guru serta murid memiliki kebebasan untuk berinovasi. Pelaku pendidikan ini juga mestinya dilakukan dengan belajar secara mandiri dan kreatif.

"Itu mungkin yang akan kita terus bantu. Saya sadar, saya tidak bisa terus mengajak atau meminta guru untuk melakukan hal ini," kata dia lagi.

Meskipun demikian, Nadiem belum menjabarkan rencana apa yang akan ia lakukan dalam menyediakan ruang inovasi bagi pelaku pendidikan tersebut. Ia mengatakan, saat ini pihaknya baru melihat gambaran besarnya. Terkait masalah detail kebijakan, masih akan disisir bersama pejabat di Kemendikbud.

"Saya kan sudah terlihat garis besarnya. Detailnya masih sedang disisir semua kedirjenan, semua eselon I kita kompak untuk menyisir satu-satu peraturan ini apa yang bisa kita sederhanakan," kata Nadiem.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA