Sunday, 29 Jumadil Akhir 1441 / 23 February 2020

Sunday, 29 Jumadil Akhir 1441 / 23 February 2020

PGRI: Guru Harus Jadi Pembelajar Sejati

Senin 25 Nov 2019 03:30 WIB

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Muhammad Hafil

Guru sedang mengajar/ilustrasi

Guru sedang mengajar/ilustrasi

Guru harus memotivasi murid-muridnya.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Ketua Umum Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), Unifah Rosyidi mengatakan guru harus menjadi pembelajar sejati sepanjang hidupnya. Menurut dia, seorang guru tidak boleh berhenti belajar selama ia masih bertugas sebagai pengajar.

Baca Juga

"Guru itu harus mau belajar setiap saat dan menyadari bahwa apabila berhenti belajar, ya berhenti mengajar," kata Unifah pada Republika, Ahad (24/11).

Mutu pendidikan, kata Unifah terletak di kelas. Oleh sebab itu, dalam setiap pengajaran di kelas guru harus bisa mendorong sebuah proses pembelajaran yang menyenangkan dan membuat siswa mau belajar.

Pada saat ini, sumber belajar bisa diperoleh dari berbagai sumber. Guru harus bisa menjadi pendorong agar murid bisa aktif belajar sendiri dengan pengawasan-pengawasan. Tidak hanya dari buku atau alat teknologi informasi namun juga dari alam.

"Jadi sumber bukan dari guru semata, tapi alam ini menjadi pembelajaran dan bisa dihadirkan di kelas oleh gurunya dengan menarik," kata dia lagi.

Ia pun menghargai komitmen pemerintah Indonesia dalam lima tahun ke depan tentang sumber daya manusia (SDM) maju Indonesia unggul. Agar itu semua tercapai, Unifah mengatakan guru menjadi kunci tujuan tersebut. Oleh sebab itu, kualitas guru harus terus ditingkatkan.

"Kami ingin mendorong, guru itu harus adaptif dan responsif sama perubahan. Artinya, dia bisa melakukan perubahan-perubahan bagaimana sejalan terutama dengan teknologi," kata Unifah.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA