Monday, 13 Sya'ban 1441 / 06 April 2020

Monday, 13 Sya'ban 1441 / 06 April 2020

Kemenpar Promosikan Indonesia ke Industri Pariwisata Rusia

Senin 25 Nov 2019 09:27 WIB

Rep: Lintar Satria/ Red: Christiyaningsih

Wisatawan menyusuri anak tangga di Pantai Kelingking, Nusa Penida, Klungkung, Bali, Minggu (6/10/2019).

Wisatawan menyusuri anak tangga di Pantai Kelingking, Nusa Penida, Klungkung, Bali, Minggu (6/10/2019).

Foto: FIKRI YUSUF/ANTARA FOTO
Kemenpar bersama Rossiya Airlines selenggarakan promosi bersama

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Kementerian Pariwisata bekerja sama dengan maskapai penerbangan Rusia Rossiya Airlines menyelenggarakan promosi bersama (joint promotion) Pariwisata Indonesia di Rusia. Acara yang digelar untuk meningkatkan arus wisatawan Rusia ke Indonesia ini berlangsung di St. Petersburg pada Jumat (22/11).
 
Para perwakilan pelaku industri pariwisata St. Petersburg seperti tur operator, agen perjalanan wisata dan media pariwisata meramaikan acara tersebut. Duta Besar RI untuk Federasi Rusia merangkap Republik Belarus, M. Wahid Supriyadi, meyakinkan potensi pariwisata Indonesia bagi wisatawan Rusia.
 
Wahid mengatakan setiap tahun wisatawan Rusia ke Indonesia cederung meningkat. Apabila target 162 ribu wisman Rusia tahun ini terpenuhi, maka terjadi peningkatan sekitar 100 persen sejak Festival Indonesia I diselenggarakan tahun 2016.

Potensi wisatawan Rusia bagi Indonesia sangat besar. Berbagai upaya dilakukan Indonesia untuk lebih mempromosikan pariwisata Indonesia di Rusia. Adanya penerbangan langsung reguler Rossiya Airlines dari Moskow ke Denpasar diharapkan dapat lebih mendongkrak arus wisatawan Rusia ke Indonesia.
 
“Kami mendukung penyelenggaraan joint promotion ini sebagai salah satu bentuk promosi Indonesia di Rusia, selain Festival Indonesia dan berbagai kegiatan lainnya," kata Dubes Wahid dalam siaran pers yang Republika terima, Ahad (24/11).
 
Indonesia salah satu tujuan wisatawan Rusia. Pada 2017 jumlah wisatawan Rusia ke Indonesia sebanyak 117.500 orang dan pada 2018 sebanyak 125.697 orang, naik 6,95 persen dari tahun 2017.

Pada periode Januari-September 2019 wisatawan Rusia ke Indonesia sebanyak 109.003 orang. Naik 19,07 persen dari periode yang sama 2018 yang tercatat sebanyak 91.544 orang.
 
Jumlah wisatawan Rusia ke Indonesia merupakan kelima terbesar di Eropa setelah Inggris, Perancis, Jerman, dan Belanda. Tahun 2019 target wisatawan Rusia ke Indonesia sebanyak 162.800 orang.
 
Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran II Regional IV Kementerian Pariwisata Republik Indonesia Agustini Rahayu menjelaskan kepada para peserta bahwa Indonesia memiliki banyak desnitasi wisata. Sebagian besar wisatawan Rusia berkunjung ke Bali.

Namun terdapat juga destinasi indah dan menarik lainnya yang dapat dikunjungi. Seperti Danau Toba (Sumatera Utara), Likupang (Sulawesi Utara), Labuan Bajo (Nusa Tenggara Timur), Mandalika (Nusa Tenggara Barat), dan Borobudur (Jawa Tengah).
 
Kini wisatawan Rusia ke Indonesia dapat menggunakan penerbangan reguler langsung Rossiya Airlines dari Moskow ke Denpasar dengan waktu tempuh 12 jam 15 menit. Penerbangan ini memperpendek jarak tempuh perjalanan yang apabila transit di suatu negara maka lama perjalanan antara 18-20 jam.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA