Monday, 9 Rabiul Awwal 1442 / 26 October 2020

Monday, 9 Rabiul Awwal 1442 / 26 October 2020

KAI Tambah Gerbog KA Siliwangi Cianjur-Sukabumi

Ahad 24 Nov 2019 19:36 WIB

Red: Nidia Zuraya

KA Siliwangi Sukabumi-Cianjur akan ditambah jumlah gerbongnya.

KA Siliwangi Sukabumi-Cianjur akan ditambah jumlah gerbongnya.

Foto: Republika/Riga Nurul Iman
Gerbog KA Siliwangi Cianjur-Sukabumi akan ditambah dari lima menjadi tujuh.

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR -- PT KAI Daops II Bandung, Jawa Barat, akan mengubah sejumlah jadwal perjalanan kereta api di wilayah Jawa Barat, termasuk untuk jadwal pemberangkatan. Selain itu, KAI Daops II juga akan menambah gerbong KA Siliwangi jurusan Ciranjang-Cianjur-Sukabumi.

Perubahan jadwal perjalanan dan penambahan gerbong ini mulai dilakukan 1 Desember. "Kami juga akan menambah jumlah gerbong dan kecepatan kereta disejumlah wilayah, sehingga grafik keberangkatan kereta api di sejumlah wilayah akan berubah termasuk Cianjur," kata Wakil Kepala Daop II Bandung, Hendra Wahyono saat dihubungi wartawan di Cianjur, Ahad (24/11).

Khusus di wilayah Cianjur, ungkap dia, jumlah kereta masih tetap, namun gerbongnya bertambah dari lima gerbong menjadi tujuh, agar dapat lebih banyak membawa penumpang dari Cianjur atau sebaliknya dari Sukabumi terutama pada saat libur panjang.

"Untuk tarif masih sama disubsidi Rp 3.000 untuk sekali jalan, jumlah penumpang bertambah sebanyak 106 untuk satu rute perjalanan dari dua gerbong tersebut," katanya.

Saat ini, ungkap dia, Daop II Bandung, tengah menuntaskan pekerjaan jalur sampai Stasiun Cipatat dan melanjutkan pekerjaan hingga terhubung kembali jalur Bandung-Cianjur yang sudah lama tidak berfungsi.

Sementara Kepala Stasiun KA Cianjur, Dede Sulaiman, mengatakan pihaknya sudah siap menerima tambahan dua gerbong untuk melayani penumpang lebih banyak dari Cianjur atau Sukabumi.

Pasalnya sejak dibukanya rute baru Ciranjang-Cianjur-Sukabumi, jumlah penumpang setiap harinya menglami peningkatan, sehingga dengan penambahan gerbong tersebut akan lebih memaksimalkan pelayanan.

"Terlebih menjelang libur panjang Natal dan Tahun Baru, diperkirakan jumlah penumpang yang mengunakan jasa kereta api akan meningkat, sehingga penambahan gerbong akan lebih memadai dan memaksimalkan daya angkut," katanya.



sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA