Tuesday, 10 Rabiul Awwal 1442 / 27 October 2020

Tuesday, 10 Rabiul Awwal 1442 / 27 October 2020

Bangkit Taklukkan Leganes, Barcelona Kuasai Puncak La Liga

Sabtu 23 Nov 2019 20:55 WIB

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah

Penyerang Barcelona Luis Suarez (kanan) mencetak gol ke gawang Leganes.

Penyerang Barcelona Luis Suarez (kanan) mencetak gol ke gawang Leganes.

Foto: AP Photo/Paul White
Barcelona menempati posisi teratas klasemen La Liga dengan nilai 28.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Barcelona memetik poin sempurna saat menghadapi Leganes pada laga pekan ke-14 La Liga. Sempat tertinggal pada babak pertama, Barcelona bangkit pada paruh kedua untuk menaklukkan Leganes 2-1 di Estadio Municipal de Butarque, Leganes, Sabtu (23/11) malam WIB.

Kemenangan ini membuat Barcelona menguasai puncak klasemen La Liga. Barcelona menempati posisi teratas klasemen La Liga dengan nilai 28, unggul tiga angka dari rival sekota Real Madrid yang baru akan bertanding Ahad (24/11) dini hari WIB.

Jalannya laga

Baca Juga

Tim tuan rumah memulai laga dengan percaya diri. Tanpa ragu, skuat asuhan Javier Aguirre menekan lini pertahanan Barcelona.

Ancaman pertama diberikan oleh Martin Braithwaite pada menit ketiga, namun tembakan Martin dari luar kotak 16 itu masih melambung di atas mistar gawang. Pada menit ke-10, Leganes kembali mengancam gawang Marc Andre. Kali ini giliran Roque Mesa yang melepaskan tembakan dengan kaki kanan dari luar kotak 16 saat menerima assist dari Oscar Rodriguez. Namun, upaya tersebut masih gagal.

Leganes akhirnya berhasil menciptakan gol pertama pada menit ke-12 melalui tendangan kaki kiri Youssef En-Nesyri dari kotak 16. Bola yang mengarah ke kiri atas gawang Marc Andre Ter Stegen itu tak dapat dihentikan dan berhasil menggetarkan gawang Barcelona. Leganes unggul 1-0 atas Barcelona.

Barcelona baru berhasil membuat peluang emas di menit ke-18 saat Antoine Griezmann melesatkan tendangan jarak jauh dari luar kotak 16. Namun, upaya tersebut berhasil diblok oleh kiper Pichu Cuellar. Selanjutnya pada menit ke-24, giliran Ousmane Dembele yang melakukan percobaan. Lagi-lagi, upaya tersebut berhasil digagalkan.

Barcelona terus mengempur pertahanan Leganes. Pada menit ke-31 peluang emas didapatkan oleh Luiz Suarez saat menerima umpan silang dari Ousmane Dembele di depan gawang Leganes. Namun, tandukan Suarez ke sudut kanan gawang dapat diselamatkan. Semenit kemudian, tandukan Suarez saat menyambut umpan dari Messi pun masih dapat diselamatkan oleh Ivan.

Pada menit ke-38 Leganes kembali mengancam gawang Barcelona. Namun, tendangan kaki kanan Roque Mesa dari kotak 16 yang mengarah ke tengah dapat diamankan oleh Ter Stegen. Laga terus berlangsung dengan serangan demo serangan dari kedua tim. Namun, tidak ada gol tambahan yang diciptakan kedua tim hingga turun minum.

Pada babak kedua, Barcelona tampak bermain lebih agresif demi mengejar ketertinggalan. Peluang pertama berhasil diciptakan Barcelona pada menit ke-47 melalui tendangan Gerard Pique. Namun, upaya tersebut belum membuahkan hasil karena tendangan Pique dari jarak dekat saat menerima umpan tendangan sudut dari Moussa Wague masih membentur mistar gawang.

Barcelona akhirnya berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-53 melalui gol yang diciptakan Luis Suarez menyambut umpan Messi. Sundulan Suarez yang mengarah ke sudut kanan bawah tak mampu diantisipasi oleh Cuellar. Skor pun berubah imbang 1-1.

Usai kebobolan, Leganes berusaha mengembalikan keadaan. Pada menit ke-54, tendangan Youssef En-Nesyri mendapat ruang untuk melepaskan tembakan dari tengah kotak 16 saat menerima umpan dari Roberto Rosales. Namun, bola yang mengarah ke bagian tengah gawang itu berhasil diselamatkan oleh Ter Stegen.

Barcelona yang mencari kemenangan pada laga tersebut terus memberikan tekanan. Pada menit ke-56 giliran Lionel Messi yang mencoba peruntungannya. Namun, tendangan kaki kiri Messi saat menerima umpan dari De Jong di kotak 16 berhasil diselamatkan. Pada menit ke-65, peluang didapatkan oleh Suarez saat menyelesaikan umpan Messi. Namun, tendangan kaki kanan Suarez dari luar kotak 16 masih meleset di sisi kiri gawang.

Semenit kemudian, ancaman diberikan Leganes ke gawang Barcelona. Namun, tandukan Javier Eraso saat menerima umpan dari Jonathan Silva masih meleset di sisi kanan gawang. Kedua tim secara bergantian saling jual beli serangan. Hingga pada menit ke-79 Barcelona akhirnya berhasil membalikkan keadaan melalui gol yang diciptakan Arturo Vidal. Vidal yang mendapatkan ruang tembak di kotak 16 berhasil memanfaatkannya untuk mencetak gol kedua bagi Barcelona. Barcelona berhasil mempertahankan keunggulan tersebut hingga peluit panjang tanda pertandingan berakhir ditiup oleh wasit.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA