Wednesday, 4 Rabiul Awwal 1442 / 21 October 2020

Wednesday, 4 Rabiul Awwal 1442 / 21 October 2020

Jasa Raharja Fasilitasi Pembuatan SIM Gratis Bagi Pelajar

Sabtu 23 Nov 2019 17:27 WIB

Red: Gita Amanda

Surat izin Mengemudi (ilustrasi). Jasa Raharja NTT memfasilitasi pembuatan SIM gratis untuk pelajar.

Surat izin Mengemudi (ilustrasi). Jasa Raharja NTT memfasilitasi pembuatan SIM gratis untuk pelajar.

Foto: Darmawan/Republika
Jasa Raharja NTT memfasilitasi pembuatan SIM untuk 30 orang pelajar.

REPUBLIKA.CO.ID, KUPAMG -- PT Jasa Raharja (Persero) Cabang Nusa Tenggara Timur (NTT) memfasilitas pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) C gratis bagi 30 orang pelajar pada SMA Negeri I Kota Kupang.

"Jasa Raharja memfasilitas pembuatan SIM C gratis bagi pelajar yang telah memenuhi syarat untuk memiliki SIM sebagai bentuk perlindungan dasar kecelakaan angkutan penumpang dan kecelakaan lalu lintas di Kota Kupang," kata Kepala Jasa Raharja (Persero) Cabang Nusa Tenggara Timur, Pahlevi Barnawi Syarif di Kupang, Sabtu (23/11).

Ia mengatakan, bantuan pembuatan sim gratis bagi para pelajar di SMA Negeri I Kota Kupang untuk mengimplementasikan amanah Peraturan Menteri BUMN Nomor Per-02/MBU/7/2017 tentang Program Kemitraan dan Bina Lingkungan.

"Pemberian bantuan ini merupakan program bina lingkungan Jasa Raharja sebagai tangung jawab sosial perusahan dalam memajukan bangsa melalui edukasi bagi pelajar tentang pentingnya mentaati aturan berlalulintas yang benar dalam mencegah terjadinya kecelakaan lalulintas di jalan," ujarnya.

Dia mengatakan, program bantuan pengurusan SIM C gratis bagi pelajar tentu tetap mengikuti prosedur yang berlaku seperti umur telah memenuhi syarat memiliki SIM dan wajib mengikuti ujian tertulis dan ujian praktek yang dilakukan Kepolisian.

"Kami ingin mengedukasi para pelajar bahwa untuk mendapatkan SIM C membutuhkan pengetahuan yang memadai terhadap aturan berlalulintas yang baik dan benar. Harus melalui ujian dan tes keterampilan mengemudi sehingga ketika berada di jalan raya sudah memiliki pemahaman tentang mengendarai kendaraan yang benar sesuai aturan berlalulintas," tegasnya.

Ia mengatakan, apabila dalam ujian tertulis dan praktek para pelajar dinyatakan tidak berhasil maka masih diberikan kesempatan untuk mengikuti ujian tertulis dan praktek dilakukan pihak Kepolisian.

Menurut Pahlevi Barnawi Syarif, Jasa Raharja telah mengalokasikan dana Rp 10 juta untuk mendukung program pembuatan SIM C gratis bagi pelajar SMA Negeri I Kota Kupang melalui program bina lingkungan PT Jasa Raharja.

"Bantuan pembuatan SIM C gratis ini juga untuk membantu para pelajar yang kesulitan dana dalam mengurus SIM," ujarnya.

Sementara itu Kepala SMA Negeri I Kota Kupang, Marselina Tua mengapresiasi terhadap PT Jasa Raharja Nusa Tenggara Timur yang telah memfasilitas pembuatan SIM C bagi pelajar.

"Kami sangat berterimah kasih atas kepedulian dari PT Jasa Raharja yang telah membantu para pelajar SMA Negeri I Kota Kupang dalam pembuatan SIM C gratis. Kami berharap program seperti tetap dilakukan di berbagai lembaga pendidikan di NTT khususnya bagi siswa yang ketiadaan dana untuk mengurus SIM," katanya.

sumber : antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA