Monday, 15 Rabiul Akhir 1442 / 30 November 2020

Monday, 15 Rabiul Akhir 1442 / 30 November 2020

MUI Sarankan OKI Seret Israel ke Mahkamah Internasional

Sabtu 23 Nov 2019 13:20 WIB

Rep: Fuji E Permana/ Red: Nashih Nashrullah

Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri Majelis Ulama Indonesia, Muhyiddin Junaidi

Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri Majelis Ulama Indonesia, Muhyiddin Junaidi

Foto: Republika TV/Havid Al Vizki
Hingga saat ini belum ada yang bawa Israel ke Mahkaman Internasional.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyarankan Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) membawa Israel ke Mahkamah Internasional atau International Court of Justice (ICJ).

Sebab menurut MUI selama ini belum ada pihak yang membawa Israel ke Mahkamah Internasional. Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri MUI, KH Muhyiddin Junaidi, mengatakan selama ini belum ada pihak yang membawa Israel ke Mahkamah Internasional. 

Belum lama ini Gambia atas nama OKI membawa Myanmar ke Mahkamah Internasional atas perbuatannya terhadap etnis Rohingya. 

Baca Juga

"Seharusnya (ada) satu negara atas nama OKI yang membawa Israel ke Mahkamah Internasional, tapi belum ada," kata KH Muhyiddin kepada Republika.co.id, Sabtu (23/11). 

Dia menyampaikan, saat ini hubungan beberapa negara Arab dengan Israel begitu erat karena ada kepentingan politik dan dagang. Sehingga semakin berat perjuangan bangsa Palestina untuk meraih kemerdekaan.  

Menurut dia, sekarang momentum terbaik. Kalau OKI sudah berhasil membawa Myanmar ke Mahkamah Internasional, sebaiknya langkah OKI berikutnya membawa Israel ke Mahkamah Internasional. Sebab Israel sudah melanggar hak asasi manusia (HAM), mengusir, membunuh, dan mempersekusi orang Palestina. 

Bahkan Israel membangun ribuan rumah untuk orang Yahudi di kawasan Tepi Barat di atas lahan milik bangsa Palestina. Sementara bangsa Palestina diusir.

 Jelas ini perbuatan melanggar HAM yang berat. "Tapi Israel didukung oleh Amerika Serikat (AS), seakan-akan (yang dilakukan Israel) biasa saja," ujarnya.

Kiai Muhyiddin menyampaikan, pihaknya berharap OKI mengambil inisiatif dan berani mengajukan Israel ke Mahkamah Internasional. Tapi sayang sebagian negara OKI tidak berani menekan Israel atau membawa Israel ke Mahkamah Internasional.

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA