Wednesday, 27 Jumadil Awwal 1441 / 22 January 2020

Wednesday, 27 Jumadil Awwal 1441 / 22 January 2020

Lima Tempat Terbaik Saksikan Aurora

Sabtu 23 Nov 2019 10:39 WIB

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Indira Rezkisari

Fenomena alam aurora borealis atau northern lights tampak di langit dekat Reykjanesbaer di Islandia, (14/10).

Fenomena alam aurora borealis atau northern lights tampak di langit dekat Reykjanesbaer di Islandia, (14/10).

Foto: EPA
Fenomena langit Aurora paling baik disaksikan pada awal tahun.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Siapa yang tidak ingin melihat Aurora. Fenomena alam yang dihasilkan dari cahaya matahari yang bertubrukan dengan nitrogen dan oksigen dalam atmosfer bumi itu sayang untuk dilewatkan. Keindahan alamnya sulit untuk diungkapkan dengan kata-kata.

Mengutip laman Travel and Leisure, Sabtu (23/11) waktu terbaik untuk melihat aurora adalah pada awal tahun sekitar bulan Januari. Dengan malam Kutub yang panjang di Lingkaran Arktik memaksimalkan waktu Anda menikmati langit yang menghijau.

Setelah mengetahui waktu terbaik untuk menyaksikan Aurora, tinggal menentukan tempat guna menyaksikan fenomena tersebut.

Berikut lima tempat terbaik yang dapat menjadi referensi Anda jika ingin menjadi saksi hidup melihat langsung Aurora.

Oymyakon, Rusia
Oymyakon merupakan tempat yang paling dingin yang dapat dihuni di dunia. Kawasan yang terletak pada 63 derajat Lintang Utara itu memiliki malam yang panjang dan gelap di Januari dan kerap menjadi tuan rumah bagi publik yang ingin melihat langsung Aurora.

Tur tujuh hari ke Oymyakon dari Yakutsk di Siberia timur ini termasuk naik kereta anjing dan perjalanan ke Taman Alam Pilar Lena yang diakui UNESCO.

Tromso, Norwegia
Tromso berada di atas Lingkaran Arktik pada 69 derajat Lintang Utara. Kawasan itu menjadi waktu terbaik dari akhir November hingga akhir Januari untuk menyaksikan Aurora.

Ilullisat, Greenland
Lupakan Times Square di Malam Tahun Baru ini dan sebaliknya sambutlah pergantian tahun 2020 dengan tampilan kembang api di Greendland. Negara otonom di Kerajaan Denmark itu juga menjadi temapt terbaik melihat Aurora mengingat posisinya berada di sekitar 69 derajat Lintang Utara.

Fairbanks, Alaska
Fairbanks memang bukan menjadi tempat terbaik untuk melihat langsung Aurora. Namun, kawasan yang berada di 64 derajat Lintang Utara san sekitar 180 mil selatan Lingkaran Arktik ini menjadi wilayah yang sering karena sangat mudah untuk sampai di sini dan menyaksikan Aurora.

Hammerfest, Norwegia
Jika Anda ingin masuk ke Lingkaran Arktik untuk menyaksikan Aurora, hanya ada satu tempat untuk dikunjungi. Dikenal sebagai kota paling utara di Dunia, Hammerfest terletak di 70 derajat Lintang Utara dan dari akhir November hingga akhir Januari mengalami hampir 24 jam kegelapan. Berarti ada kemungkinan cahaya Aurora yang konstan.


Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA