Jumat 22 Nov 2019 17:36 WIB

Dompet Dhuafa Pendidikan Siapkan Duta Gemari Baca

Duta Gemari Baca bertugas sebagai wadah pemuda menggelorakan semangat literasi.

Gerakan Gemari Baca Dompet Dhuafa Pendidikan.
Foto: Dok Dompet Dhuafa Pendidikan
Gerakan Gemari Baca Dompet Dhuafa Pendidikan.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Dompet Dhuafa Pendidikan (DD Pendidikan), melalui Divisi Jaringan Literasi, berupaya untuk membudayakan baca tulis di Indonesia. DD Pendidikan kemudian menggagas Gemari Baca, akronim dari Gerakan Mengajak Masyarakat untuk Mencintai Baca. Sesuai namanya, gerakan ini fokus pada peningkatan minat baca masyarakat.

Salah satu upaya yang ditempuh dalam gerakan ini adalah mengirimkan Duta Gemari Baca ke tengah masyarakat. Program ini bertujuan untuk memperluas kebermanfaatan dalam memberikan akses terhadap kegiatan literasi di berbagai daerah.

Selain itu, Duta Gemari Baca juga berperan sebagai wadah bagi para pemuda untuk mengobarkan semangat literasi dan meningkatkan minat baca masyarakat. Melalui program ini, para pemuda yang terpilih akan ditingkatkan kapasitas dan kemampuannya dalam bidang literasi.

Duta Gemari Baca sudah memiliki lima angkatan, dengan 93 orang anggota yang tersebar di Medan, Bandung, Bogor, Semarang, Makassar, dan beberapa kota lainnya.

Tahun ini, Duta Gemari Baca sudah memasuki angkatan ke-6. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kali ini pemilihan Duta Gemari Baca dilaksanakan secara regional. Yogyakarta terpilih sebagai tuan rumah perhelatan tersebut. Selama tiga hari, Jumat sampai dengan Ahad (22-24/11), 20 pemuda yang terpilih menjadi Duta Gemari Baca akan menjalani inkubasi sebagai orientasi program dan peningkatan kapasitas literasi mereka.

Kegiatan inkubasi yang bertempat di Desa Wisata Pulesari, Sleman, Yogyakarta, ini mengangkat tema "Literaksi: Dari Jogja Wujudkan Indonesia Berdaya". Sejumlah ahli, praktisi dan profesional akan hadir sebagai narasumber. Mereka adalah Bambang Edi Prasetyo (Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Yogyakarta), Agung Pardini (GM Sekolah Kepemimpinan Bangsa, DD Pendidikan), Eko Prasetyo (Social Movement Institute), M. Shirli Gumilang (Sekolah Literasi Indonesia,  DD Pendidikan), Maria Tri Suhartini (Founder TBM Helicopter Gobook Maos, TBM Kreatif Rekreatif Nasional 2019), Triyanto (Founder TBM Guyub Rukun, TBM Kreatif Rekreatif Nasional 2018), Heni Wardatul Rohmah (Founder TBM Mata Aksara, Ketua FTBM D.I Yogyakarta), dan Joana Maria Zettira Da Costa (Duta Gemari Baca Batch 5).

Rangkaian kegiatan pada Inkubasi Duta Gemari Baca ini dilaksanakan dalam bentuk training, gathering, dan workshop literasi, serta sharing kepada masyarakat sekitar lokasi. Bentuk kegiatan yang demikian dimaksudkan untuk memberikan kesempatan bagi para peserta untuk mengeksplorasi minat dan kemampuan mereka dalam bidang literasi. Sebagai tindak lanjut, para peserta akan dibimbing untuk merumuskan inovasi kegiatan literasi untuk diimplementasikan di daerahnya masing-masing.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement