Friday, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 December 2019

Friday, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 December 2019

Puja-Puji Tim Cook, Trump Minta Apple Lakukan Ini

Jumat 22 Nov 2019 14:22 WIB

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id

Ada Udang di Balik Batu! Puja-Puji Tim Cook, Trump Minta Apple Lakukan Ini untuk Negara. (FOTO: REUTERS/Mike Segar)

Ada Udang di Balik Batu! Puja-Puji Tim Cook, Trump Minta Apple Lakukan Ini untuk Negara. (FOTO: REUTERS/Mike Segar)

Donald Trump memuji bos Apple Tim Cook.

Warta Ekonomi.co.id, Surakarta -- Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump meminta Kepala Eksekutif Apple Inc, Tim Cook untuk membantu mengembangkan infrastruktur telekomunikasi untuk jaringan 5G di negara itu.

Perlu diketahui, ketika sejumlah negara menggunakan teknologi dan infrastruktur Huawei, AS justru memboikot mereka dengan dalih 'demi keamanan nasional'. "Apple memiliki semuanya; uang, teknologi, visi, dan tentunya Tim Cook!" kata Trump dalam cuitannya, dikutip dari Reuters, Jumat (22/11/2019).

Hingga saat ini, Apple diketahui belum memublikasikan investasi dalam infrastruktur telekomunikasi 5G, bahkan perusahaan itu juga belum merilis perangkat 5G.

Diminta untuk menanggapi kabar ini, Apple tak segera memberikan respon.

Trump bertemu Cook pada Rabu (20/11/2019) ketika mengunjungi kampus Apple yang baru di Texas, menandakan hubungan dekat antara dua orang berpengaruh di AS tersebut.

Ini bukan pertama kalinya Trump menyebut Cook dalam cuitannya. Dalam salah satu cuitan terbaru, Trump juga menyesali hilangnya tombol 'home' pada sejumlah model iPhone karena membaut pengguna harus menggeser ke atas, bukan mengetuk tombol untuk membuka kunci ponsel.

Jaringan 5G di AS

Trump sebelumnya sesumbar, AS dapat menyebarkan layanan 5G dengan cepat dan berniat menggandeng negara yang sepaham untuk mempromosikan keamanan di jaringan 5G mendatang.

Jaringan tersebut akan memiliki kecepatan data 50-100 kali lebih cepat dari 4G atau LTE sehingga berfungsi sebagai infrastruktur penting untuk beragam industri.

Operator seluler harus meningkatkan jaringan mereka dengan menggunakan infrastruktur para produsen, seperti Huawei dan ZTE dari China, Ericsson dari Swedia, dan Nokia dari Finlandia.

Namun, AS telah memboikot komponen Huawei karena diduga digunakan oleh Pemerintah China untuk memata-matai AS. Paman Sam bahkan mendesak sekutunya untuk tak memberikan akses jaringan 5G kepada Huawei.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA