Selasa, 3 Jumadil Akhir 1441 / 28 Januari 2020

Selasa, 3 Jumadil Akhir 1441 / 28 Januari 2020

AS Tegaskan Masih akan Pasang Pasukannya di Korsel

Kamis 21 Nov 2019 22:56 WIB

Red: Nashih Nashrullah

Ilustrasi latihan militer gabungan Korea Selatan dan Amerika Serikat.

Ilustrasi latihan militer gabungan Korea Selatan dan Amerika Serikat.

Foto: EPA-EFE/KIM HEE-CHUL
AS membantah akan menarik pasukannya dari Korsel.

REPUBLIKA.CO.ID, OSAN— Pentagon, Kamis (21/11), membantah laporan sebuah surat kabar Korea Selatan (Korsel) bahwa AS sedang mempertimbangkan untuk memangkas jumlah pasukan yang ditempatkan di Korsel kalau Seoul tidak menambah kontribusi bagi pendanaan.

Baca Juga

"Sama sekali tidak benar laporan Chosun Ilbo itu bahwa Departemen Pertahanan AS saat ini sedang mempertimbangkan untuk menarik tentara dari Semenanjung Korea," kata Jonathan Hoffman, juru bicara Pentagon, Markas Besar Departemen Pertahanan, dalam pernyataan.

Hoffman menyampaikan pernyataan itu sejalan dengan komentar Menteri Pertahanan AS Mark Esper. Esper sebelumnya mengatakan dia tidak tahu-menahu ada rencana seperti itu. "Menteri Esper pekan lalu berada di Korea Selatan. Di sana, beliau berkali-kali menekankan komitmen kuat kita kepada (Korea Selatan) dan rakyatnya."

Laporan media seperti itu menunjukkan kelemahan yang berbahaya dan tak bertanggung jawab dalam melakukan pemberitaan yang mengandalkan satu sumber tanpa nama. "Kami mendesak Chosun Ilbo untuk segera menarik laporan tersebut," demikian bunyi pernyataan Hoffman. 

sumber : Reuters/Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA