Wednesday, 14 Rabiul Akhir 1441 / 11 December 2019

Wednesday, 14 Rabiul Akhir 1441 / 11 December 2019

Kormo, Aplikasi Bursa Kerja Besutan Mbah Google

Kamis 21 Nov 2019 17:40 WIB

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id

Kormo, Aplikasi Bursa Kerja Besutan Mbah Google. (FOTO: Akbar Nugroho Gumay)

Kormo, Aplikasi Bursa Kerja Besutan Mbah Google. (FOTO: Akbar Nugroho Gumay)

Aplikasi bursa kerja besutan Mbah Google ini dinamai Kormo.

Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -- Anak perusahaan Alphabet Inc, Google, meluncurkan aplikasi yang dapat digunakan pengguna untuk mencari kerja. Aplikasi bursa kerja besutan Mbah Google ini dinamai Kormo.

Kormo adalah sebuah aplikasi bursa kerja dan pengembangan karier yang terutama difokuskan untuk NBU, dengan tujuan menghubungkan pencari dan pemberi kerja untuk mengisi posisi level pemula di sektor-sektor yang berkembang pesat, seperti bisnis on-demand, ritel, serta hospitality.

Lowongan kerja yang disajikan sejauh ini diisi melalui jalur offline dan bagian rekrutmen perusahaan. Sementara itu, algoritme pencocokannya menggunakan machine learning yang efisien dan didasarkan pada beragam faktor, seperti keterampilan, pengalaman, kompensasi, lokasi, dan ketersediaan.

Baca Juga: Sst! Google Gandeng Gojek, Tokopedia, dan Traveloka, Ada Apa Ya?

Aplikasi ini juga menyediakan fitur pembuat CV gratis dan kumpulan materi belajar terkurasi yang menyediakan video, kursus/evaluasi, dan artikel pengembangan profesi. Kormo pertama kali diluncurkan di Indonesia pada Maret tahun ini dan sampai saat ini telah membantu lebih dari 50.000 pelamar dan pemberi kerja memenuhi kebutuhan mereka terkait pengisian posisi kerja.

"Beberapa perusahaan telah bergabung sebagai partner pemberi kerja pertama kami, antara lain Bukalapak, Tiket.com, Go-Life, Indocareer, Union Group, Potato Head, Archipelago International, Sari Roti, dan Asuransi Astra," kata Google dalam keterangan tertulisnya, Kamis (21/11/2019).

Ada lima hal yang bisa dilakukan di Kormo, yakni membuat CV, mendapatkan rekomendasi pekerjaan yang bisa dipersonalisasi, mengembangkan pengetahuan dan keahlian, melihat proses seleksi kerja secara transparan, serta menambahkan badge untuk melengkapi resume digital.

Yang unik dari Kormo adalah aplikasi ini berusaha membantu para pencari kerja untuk mengembangkan keterampilan dan pengetahuan melalui fitur Pelajari, yang menyediakan modul pembelajaran dalam bentuk video dan artikel. Setelah pengguna selesai belajar, mereka akan memperoleh badge yang akan bisa dilihat oleh para pemberi kerja untuk menunjukkan keterampilan dan pengetahuan ekstra.

Baca Juga: Mbah Google Mau Masuk ke Sektor Finansial, Gandeng Bank Ini

"Kami berpartner dengan kreator YouTube Hujan Tanda Tanya untuk menyediakan konten pengembangan dan pelatihan keterampilan profesional yang sesuai dengan orang Indonesia," ujar Google.

Kormo secara real-time memberikan informasi baru tentang setiap tahapan proses yang akan dilalui. Pencari kerja akan diberi tahu saat lamaran mereka sudah dibaca saat mereka dipanggil wawancara hingga saat pengumuman akhir diberikan. Sementara itu, pemberi kerja menerima notifikasi ketika lamaran pekerjaan yang mereka unggah ke Kormo telah dibaca dan ditanggapi pencari kerja.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA