Monday, 15 Rabiul Akhir 1442 / 30 November 2020

Monday, 15 Rabiul Akhir 1442 / 30 November 2020

Gempa 6,1 SR Guncang Laos dan Thailand

Kamis 21 Nov 2019 09:13 WIB

Rep: Fergi Nadira/ Red: Nur Aini

Gempa bumi (ilustrasi)

Gempa bumi (ilustrasi)

Pusat gempa dekat dengan perbatasan Thailand.

REPUBLIKA.CO.ID, BANGKOK -- Survei Geologi Amerika Serikat (AS) melaporkan gempa dangkal berkekuatan 6,1 Skala Ritcher (SR) mengguncang bagian barat negara Laos. Pusat gempa dekat dengan perbatasan Thailand.

Dilansir Aljazirah, belum ada kerusakan setelah gempa tejadi pada Kamis (21/11) pukul 6.50 waktu setempat. Namun, guncangan bisa dirasakan lebih dari 700 kilometer di ibu kota Thailand, Bangkok.

"Guncangan terjadi di Laos pada pukul 6.50 dan terasa di utara dan timur laut Thailand dan Banggok serta pinggiran kota," ujar pejabat Departemen Metereologi Thailand, Sophon Chaila.

Baca Juga

"Hingga kini, belum ada laporan kerusakan," ujar dia menambahkan.

Warga di ibu kota Vietnam, Hanoi, juga merasakan bangunan bergoyang. "Lampu langit-langit bergetar sangat kuat. Saya merasa pusing dan takut," kata warga Hanoi Tran Hoa Phuong yang merasakan gempa di gedung apartemen 27 lantai.

Gempa terjadi sekitar tiga jam setelah gempa berkekuatan 5,7 yang melanda wilayah yang sama di Laos dekat lokasi proyek bendungan Xayaburi yang kontroversial. Informasi datang lambat dan tidak ada laporan kerusakan atau cedera setelah gempa kembar melanda.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA