Sunday, 18 Rabiul Akhir 1441 / 15 December 2019

Sunday, 18 Rabiul Akhir 1441 / 15 December 2019

Pekerja Pertamina Jadi Relawan dalam Voluntary Days 2019

Kamis 21 Nov 2019 11:10 WIB

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Gita Amanda

Pertamina

Pertamina

Foto: borneomagazine.com
Ada ribuan pekerja Pertamina yang telah menjadi relawan untuk berbagai kegiatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Pertamina (Persero) resmi membuka kegiatan Voluntary Days 2019. Kegiatan ini bertujuan untuk mengapresiasi pekerja Pertamina yang menjadi relawan serta menggalakkan semangat pekerja Pertamina lainnya untuk turun ke lapangan menjadi relawan.

Pembukaan Voluntary Days 2019 dilakukan di Gedung Utama Kantor Pusat PT Pertamina, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (20/11) lalu. Pembukaan kegiatan volunteering ini dilakukan oleh Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) Pertamina Koeshartanto.

“Alhamdulillah, Voluntary Days terlaksana untuk pertama kalinya. Terima kasih pada relawan yang sudah menularkan kebaikan. Baik relawan bencana, mengajar, dan membina UMKM,” kata Koeshartanto dalam siaran pers, Selasa (20/11).

Koeshartanto menyebut ada ribuan pekerja Pertamina yang telah menjadi relawan untuk berbagai kegiatan. Ia mengimbau agar pekerja Pertamina lainnya bisa terus melakukan kebaikan, termasuk dengan menjadi relawan dan berinteraksi langsung dengan masyarakat.

“Kita harus memaknai apapun yang kita lakukan dalam rangka menebarkan kebaikan. Berbuatlah baik untuk orang tua, rekan-rekan dan masyarakat,” ujarnya.

Corporate Secretary Pertamina Tajudin Noor menjelaskan, Voluntary Days 2019 diadakan untuk menindaklanjuti hasil survei internal yang pernah dilakukan, dimana salah satu hasilnya ialah para pekerja Pertamina ingin terlibat dalam kegiatan sosial.

“Untuk menindaklajuti Aspirasi tersebut, Corporate Secretary bekerjasama dengan Direktorat SDM menyelenggarakan kegiatan Voluntary Days 2019. Voluntary Days sendiri merupakan ajang penghargaan kepada relawan-relawan Pertamina yang sudah sangat aktif memberikan sumbangsihnya kepada perusahaan dan masyarakat melalui bidang yang diikuti masing-masing,” jelas Tajudin.

Tajudin menyampaikan ada empat kegiatan utama dari Voluntary Days 2019, yakni Relawan Menginspirasi, Relawan Berkreasi, Relawan Berbagi dan Relawan Beraksi. Untuk Relawan Menginspirasi diisi dengan kegiatan talkshow dengan mengundang 11 narasumber yang terdiri dari 8 public figure, satu pegiat dunia Pendidikan dan dua orang local hero Pertamina.

Kegiatan ini Voluntary Days 2019 ini diikuti oleh 3.257 insan di lingkup Pertamina yang terdiri dari 1.155 relawan Pertamina Energi Negeri (PEN), 394 relawan bencana, 46 relawan ambassador, 147 orang relawan local hero dan 1.515 relawan Sobat Bumi. Insan Pertamina yang dimaksud yakni gabungan dari pekerja dan pihak yang dilibatkan oleh Pertamina, seperti mahasiswa Universitas Pertamina, mitra binaan Pertamina dan local hero yang dibina oleh Pertamina.

“Seluruh relawan ini melakukan kegiatan sosial yang tersebar di berbagai titik seluruh Indonesia. Voluntary Days juga mengumpulkan  donasi dari para pekerja Pertamina yang nantinya akan disalurkan ke beberapa yayasan, yaitu Siekula Aneuk Nanggroe di Rantau, Yayasan Dreamable di Bandung dan Sekolah Anak Percaya Diri di Makassar,” tutur Tajudin.

“Untuk Pertamina Energi Negeri 4.0,  terdiri dari 1.155 relawan pekerja Pertamina yang tersebar di 18 kota. Mereka mengajar di 39 SD dan 11 sekolah untuk anak berkebutuhan khusus,” imbuh Tajudin. 

Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA