Sunday, 18 Rabiul Akhir 1441 / 15 December 2019

Sunday, 18 Rabiul Akhir 1441 / 15 December 2019

Dorong Start-up Naik Kelas, Endeavor Gelar Scale Up Asia

Kamis 21 Nov 2019 03:03 WIB

Rep: Editor (swa.co.id)/ Red: Editor (swa.co.id)

.

.

Kegiatan digelar untuk dorong terciptanya entrepreneur yang miliki high impact.

Endeavor, sebuah gerakan kewirausahaan berjejaring global mengelar kegiatan bertajuk "Scale Up Asia 2019: Turning Point" pada Rabu 20 November 2019. Kegiatan ini merupakan salah satu cara Endeavour untuk mendorong startup atau perusahaan rintisan Indonesia yang berpotensi untuk naik kelas (scale up).

Ketua Dewan Endeavor Indonesia Harun Hajadi mengatakan kegiatan ini digelar untuk mendorong terciptanya usahawan atau entrepreneur yang memiliki high impact baik secara ekonomi maupun sosial. Salah satunya, adalah mendorong terciptanya lapangan kerja baru.

"High impact dalam hal ini, bisnisnya bisa menciptakan kerja, bisa memberi kontribusi bagi pertumbuhan ekonomi, sehingga memberikan impak positif secara ekonomi tetapi juga secara sosial juga," kata Harun di The Hall Senayan, Jakarta Selatan, Rabu 20 November 2019.

Harun menjelaskan kegiatan ini, digelar dalam tiga rangkaian acara. Ketiganya, yakni pitch up competition, scale up connect dan scale up clinic. Lewat acara ini, Endeavor bakal memilih tiga perusahaan startup untuk bakal mengikuti kegiatan di level internasional lewat jejaring kewirausahaan Endeavor.

Selain itu, acara ini juga digelar untuk menyediakan ruang bertukar pikiran dan informasi mengenai ekosistem wirausaha di Indonesia. Lewat kegiatan ini perusahaan rintisan diharapkan bisa menjalin jejaring internasional untuk keperluan ekspansi atau pertumbuhan bisnis mereka.

Lebih lanjut, lewat kegiatan ini, Endeavor juga menyediakan 150 mentor yang bisa diajak berdiskusi terkait perkembangan usaha bisnis mereka. Para mentor tersebut sebagian besar merupakan pengusaha atau pimpinan perusahaan besar yang telah lama bergerak di industri masing-masing.

"Lewat kegiatan ini kami berharap semangat high impact entrepreneurship dapat tersebar luar di Indonesia. Sekaligus menjadi sarana pendukung untuk menciptakan ekosistem berwirausaha yang baik," kata Harun.

CEO Investree Adrian Gunadi mengatakan kegiatan ini bisa membuat perusahaan rintisan atau startup mendapatkan mentor yang sesuai dengan model bisnis mereka. Selain itu, start up juga bisa mendapatkan jejaring usaha hingga level internasional.

"Dalam hal ini termasuk salah satunya jejaring dengan para mentor yang bisa memberi kami masukan, sehingga kami bisa belajar dari mereka," kata Adrian yang juga alumni Endeavor Entrepreneur ini.

Menurut dia, kegiatan ini juga sangat membantu bagi usaha miliknya karena membuka koneksi yang luas. Khususnya, kepada pihak lain yang bisa diajak kerja sama untuk kepentingan pengembangan bisnis serta maupun kerja sama lain yang semula belum bisa terbayangkan.

Sumber: Tempo.co

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan swa.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab swa.co.id.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA