Rabu, 14 Rabiul Akhir 1441 / 11 Desember 2019

Rabu, 14 Rabiul Akhir 1441 / 11 Desember 2019

Berdayakan Guru, Zenius dan We The Teachers Kolaborasi

Sabtu 23 Nov 2019 07:32 WIB

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id

Berdayakan Guru dengan Teknologi, Zenius Education Kolaborasi dengan We The Teachers. (FOTO: Zenius)

Berdayakan Guru dengan Teknologi, Zenius Education Kolaborasi dengan We The Teachers. (FOTO: Zenius)

Zenius Education mengumumkan kerja sama strategisnya dengan We The Teachers (WTT)

Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -- Dalam rangka memperingati hari guru pada 25 November mendatang, Zenius Education mengumumkan kerja sama strategisnya dengan We The Teachers (WTT), sebuah organisasi yang berfokus pada pemberdayaan guru di berbagai daerah di Indonesia. Kerja sama ini turut mempertegas komitmen Zenius Education untuk berkontribusi pada peningkatan kualitas sumber daya manusia di Indonesia, melalui pemberdayaan guru lewat teknologi.

"Setelah lebih dari 15 tahun berkecimpung di dunia pendidikan melalui edtech, kami berkesempatan untuk belajar banyak mengenai apa yang dibutuhkan oleh dunia pendidikan. Dari pengalaman di lapangan, kami menemukan bahwa guru merupakan aspek penting dalam menunjang keberhasilan belajar-mengajar," ujar Chief Education Officer Zenius Education, Sabda PS, di Union Space, Selasa (19/11/2019).

Baca Juga: Bawa Inovasi tanpa Internet, Zenius Education Digitalkan Sekolah-Sekolah di Daerah 3T

"Kami menyadari betul bahwa teknologi tidak serta merta dapat menggantikan peran guru. Teknologi justru dapat digunakan sebagai kanal untuk memberdayakan (empowering) para guru sehingga dapat menjawab tantangan pendidikan di era digital," lanjut Sabda.

Data Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyebutkan bahwa pada Maret 2019, terdapat 3.017.296 guru di Indonesia dengan jumlah anak didik TA 2018/2019 dari tingkat SD, SMP, hingga SMA mencapai 45.047.428 orang. Untuk tahun ajaran yang sama, jumlah peserta didik dari Kementerian Agama (Kemenag) mencapai 8.004.640 orang dengan jumlah tenaga pendidik sebanyak 680.515. Dengan kata lain, 3,7 juta guru bertanggung jawab untuk mengawal perkembangan kompetensi 53 juta generasi masa depan bangsa. Kondisi ini menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi para guru untuk dapat beradaptasi, terutama di era digital dengan arus informasi berjalan begitu cepat.

"Lahirnya generasi yang dekat dengan teknologi menuntut guru untuk mampu beradaptasi dengan pendekatan belajar yang mengikuti perkembangan zaman. Namun demikian, pada praktiknya masih banyak guru yang belum mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan fasilitas yang mendukung kegiatan belajar-mengajar dengan efektif dan tepat sasaran," kata Founder We The Teachers, Amanda Witdarmono, di Union Space, Selasa (19/11/2019).

Tambahnya, dari pengalaman Amanda melihat, bahwa di era ini, agar lebih maksimal, guru dapat menggunakan bantuan teknologi untuk mengefisiensikan tugas-tugas administratif mereka. Inilah yang menjadi alasan We The Teachers bekerja sama dengan Zenius Education.

"Teknologi akan memberikan ruang gerak untuk para guru dapat benar-benar menjadi pendidik yang memfasilitasi pembelajaran," tambah Amanda.

Adapun tahap awal kerja sama antara Zenius Education dan We The Teachers ini akan difokuskan pada dua program utama. Pertama, pemberdayaan guru di wilayah-wilayah tertinggal di Indonesia. Pemberdayaan yang dilakukan adalah melakukan digitalisasi dalam proses belajar mengajar. Bukan hanya dalam menggunakan teknologi sebagai media pembelajaran, melainkan juga sebagai bantuan untuk tugas-tugas administratif yang menyita waktu. Tujuannya agar guru bisa lebih banyak menggunakan waktu dan energinya untuk menjalankan perannya sebagai pendidik, yang memfasilitasi proses pembelajaran dan pribadi yang menginspirasi.

Kedua, distribusi infrastruktur belajar-mengajar yang lebih baik. Zenius dan We The Teachers berupaya untuk dapat membantu sekolah dan anak didik di berbagai wilayah tertinggal di Indonesia agar mendapatkan fasilitas penunjang pendidikan yang layak, seperti teknologi digitalisasi sekolah Zenius Prestasi.

Baca Juga: Ruang Guru Target Jadi Unicorn 1-2 Tahun Mendatang

Berbeda dengan anggapan umum yang mengatakan bahwa edtech dapat menggantikan peran guru, Zenius justru percaya bahwa guru tetap menjadi pilar utama dalam pendidikan, dengan teknologi sebagai alat bantunya. "Platform digital memudahkan akses dan peningkatan kemampuan pelajar. Dengan bantuan teknologi, peningkatan kualitas manusia dapat dipercepat sepuluh hingga dua puluh kali lipat dengan cara yang efisien," tutup Sabda.

Dalam kesempatan ini, Zenius Education juga mengumumkan bahwa Amanda Witdarmono selaku founder We The Teachers akan bergabung dalam jajaran kepemimpinan Zenius sebagai Chief of Education Initiatives. Pengalaman dan pengetahuan Amanda selama memimpin We The Teachers diyakini dapat menjadi dasar Zenius untuk memformulasi program-program pengembangan guru yang efektif dan tepat sasaran ke depannya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA