Kamis, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 Desember 2019

Kamis, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 Desember 2019

Penghargaan ASR Picu Semangat Baznas

Rabu 20 Nov 2019 06:12 WIB

Rep: Rossi Handayani/ Red: Indira Rezkisari

Anugerah Syariah Republika (ASR) 2019

Anugerah Syariah Republika (ASR) 2019

Foto: Republika/Yogi Ardhi
Baznas menerima ASR di kategori Organisasi Pengelola Zakat dengan Pelayanan Terbaik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menerima Penghargaan Anugerah Syariah Republika 2019 dari Republika, di Jakarta, Selasa (19/11) malam. Penghargaan diberikan langsung oleh Pemimpin Redaksi Republika, Irfan Junaedi  kepada Ketua Baznas, Bambang Sudibyo.

Bambang mengaku sangat bersyukur atas pencapaian dari lembaga yang dipimpinnya. "Alhamdulillah Baznas menerima penghargaan dari Republika atas kinerjanya dalam bidang pengelolaan zakat dan pelayanan terbaik. Penghargaan ini akan menambah semangat Baznas untuk selalu meningkatkan layanan terbaik kepada umat," kata Bambang, dalam keterangan tertulisnya kepada Republika.

Penghargaan ini diberikan kepada institusi dan industri keuangan syariah dari perbankan, keuangan non-perbankan, asuransi, financial technology, multifinance, lembaga filantropi, tujuan wisata halal tervaforit, hingga tokoh ekonomi syariah.

Baznas memenangkan Penghargaan Anugerah Syariah Republika 2019 untuk Kategori "Organisasi Pengelola Zakat dengan Pelayanan Terbaik". Hal ini berkat program-program pemberdayaan masyarakat berbasis dana zakat, infak dan sedekah (ZIS) yang mampu dikelola dengan baik dan dapat dirasakan langsung dampaknya oleh penerima manfaat.

Dewan juri menilai program-program unggulan Baznas seperti Zakat Community Development (ZCD), Baznas  Microfinance Desa, Rumah Sehat Baznas, dan Pemberdayaan Ekonomi Mustahik, masuk dalam kriteria penilaian yang telah ditentukan sebelumnya.

Bambang mengungkapkan, Baznas berterimakasih atas penghargaan yang diberikan. Penghargaan ini merupakan wujud dari makin dipercayanya Baznas oleh masyarakat dalam membantu mereka yang mengalami kesulitan dengan menggunakan dana ZIS.

"Penghargaan ini akan memacu kinerja Baznas, Baznas Provinsi, Baznas Kabupaten/ Kota dan Lembaga Amil Zakat (LAZ) untuk makin meningkatkan program-program pemberdayaan dalam upaya emberantasan kemiskinan melalui dana ZIS," ucap Bambang.

Selain itu dengan penghargaan yang diterima oleh Baznas, dapat meningkatkan kepercayaan publik sehingga dapat lebih meningkatkan gerakan zakat di Indonesia dan menjadi contoh bagi program pemberdayaan pada gerakan filantropi yang lebih luas. Penghargaan dari Republika ini melengkapi deretan penghargaan Baznas yang telah ditorehkan sebelumnya pada bulan ini, yakni Indonesia Scholarship 2019, Padmamitra Awards 2019 yang diraih pada awal bulan November lalu.

Penghargaan Anugerah Syariah Republika 2019 merupakan sebuah acara penghargaan dari Republika yang diselenggarakan setiap tahunnya, untuk mengapresiasi kinerja industri syariah. Kriteria penilaian penghargaan ini berbasiskan data kuantitatif berupa catatan kinerja tahun 2018.

Selain kuantitatif, penilaian juga berdasarkan  indikator kualitatif seperti pelayanan dan pandangan publik atau konsumen. Penilaian juga didasarkan terobosan inovasi yang dilakukan, dan terakhir unsur edukasi dan sosialisasi.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA