Wednesday, 2 Rajab 1441 / 26 February 2020

Wednesday, 2 Rajab 1441 / 26 February 2020

UNP akan Anugerahkan Doktor Honoris Causa untuk JK

Selasa 19 Nov 2019 17:36 WIB

Rep: Febrian Fachri/ Red: Esthi Maharani

Wakil Presiden era 2014-2019 Jusuf Kalla

Wakil Presiden era 2014-2019 Jusuf Kalla

Foto: Republika/Fauziah Mursid
JK dianggap sebagai figur yang punya banyak jasa bagi dunia pendidikan Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG- Universitas Negeri Padang akan memberikan gelar Doktor Honoris Causa untuk mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla. JK dianggap  sebagai figur yang punya banyak jasa bagi dunia pendidikan Indonesia.

"Melalui kebijakan, kiprah dan komitmen Pak JK sebagai tokoh yang memiliki kepedulian pada mutu pendidikan dan telah banyak bukti nyata yang imbasnya terhadap pembangunan peradaban bangsa," kata Rektor UNP Ganefri di Padang, Selasa (19/11).

Ganefri menilai peran JK ialah menjamin mutu Lembaga Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (LPTK). Di antaranya mensukseskan pelaksanaan UN yang berdampak pada mutu input lulusan Sekolah Mengenah yang akan diterima di perguruan tinggi.

Dalam hal ini, Mantan Ketua Umum Partai Golkar tersebut menurut Ganefri konsisten mengawal UN sejak menjabat Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra) sampai menjabat Wapres selama dua periode secara tidak berurutan.

Selain UN, bukti nyata konsistensi JK dalam meningkatkan mutu pendidikan Indonesia ialah dengan implementasi kurikulum sejakl 2013 sampai sekarang yakni Kualiva Kurikulum Nasional Indonesia (KKNI).

Gelar Doktor Honoris Causa yang akan diberikan UNP ini akan jadi gelar doctor honoris causa ke 14 buat JK. Sebelumnya Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) tersebut pernah menerima gelar yang sama dari University of Malaya Malaysia pada tahun 2007, Soka University Jepang tahun 2007, Raja Mangala University of Tecnology Thailand pada 2017, Universitas Pendidikan Indonesia Bandung 2011, Universitas Hasanuddin Makassar 2011, Universitas Syah Kuala Aceh 2011, Universitas Brawijaya Malang 2011, Universitas Indonesia 2013, Universitas Andalas Padang 2016, Universitas Muslim Indonesia Makassar 2018, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Makassar 2018, dan Universitas Hiroshima, Jepang 2018.

Sebelum JK, tokoh yang pernah mendapatkan gelar Doktor Honoris Causa dari UNP ialah mantan Presiden RI Megawati Soekarno Putri dan mantan PM Malaysia Dato’ Seri Anwar Ibrahim, dan Mantan Menteri Dalam Negeri RI Gamawan Fauzi dan mantan Dewan Pertimbangan Presiden Ahmad Syafi'i Ma'arif.

UNP akan melaksanakan penganugerahan Doktor Honoris Causa buat JK ini pada awal Desember mendatang dalam agenda Rapat Senat UNP secara terbuka di Kampus UNP Padang. Rencana penganugerahan ini akan dihadiri Megawati Soekarno Putri, Buya Syafi'i Ma'arif dan Mantan Menteri Pendidikan Malik Fadjar.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA