Saturday, 30 Jumadil Awwal 1441 / 25 January 2020

Saturday, 30 Jumadil Awwal 1441 / 25 January 2020

Menteri PAN-RB: Seleksi CPNS tak Terima Pegawai Administrasi

Selasa 19 Nov 2019 16:45 WIB

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Nur Aini

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo

Foto: Republika/Fauziah Mursid
Seleksi CPNS tahun ini untuk memenuhi posisi sesuai dengan keahlian.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tjahjo Kumolo menyebut pemerintah tak membuka rekruitmen CPNS untuk pegawai administrasi pada tahun ini. Sebab, dari sekitar 4,2 juta PNS yang ada, sebanyak 1,6 juta di antaranya telah menempati posisi tersebut.

Baca Juga

"Untuk tahun ini kami tidak menerima lagi pegawai administrasi, karena sudah 1,6 juta (pegawai)," kata Tjahjo di Kompleks Istana Presiden, Jakarta, Selasa (19/11). 

Tjahjo menjelaskan, dalam seleksi kali ini pemerintah lebih mengutamakan untuk memenuhi posisi yang sesuai dengan keahlian, seperti posisi tenaga perawat, IT, termasuk posisi untuk kalangan disabilitas.

"Nanti mau disisir, karena untuk memenuhi tenaga perawat saja itu nggak cukup tiga tahun, sekarang 10 (diterima) yang pensiun bisa 12, nah kalau dulu yang pensiun 15, diangkat sepuluh, yang lima honorer, numpuk akhirnya," ucapnya. 

Dalam rekruitmen CPNS 2019, sebanyak 152.250 formasi akan dibuka, dengan rincian sebanyak 37.425 formasi di 68 K/L dan 114.825 formasi di 462 pemerintah daerah. 

Selain itu, pemerintah membuka dua jenis formasi yakni formasi umum dan formasi khusus yang meliputi cumlaude, diaspora, disabilitas, putra/putri Papua dan Papua Barat, dan lainnya yang bersifat strategis.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA