Saturday, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 December 2019

Saturday, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 December 2019

Mobil yang Memiliki Biaya Perawatan Paling Murah

Selasa 19 Nov 2019 15:10 WIB

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Nora Azizah

Toyota pabrikan Jepang (Ilustrasi)

Toyota pabrikan Jepang (Ilustrasi)

Foto: Autocar
Mobil dari pabrikan Asia merupakan mobil dengan biaya perawatan paling terjangkau.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Saat membeli mobil, ada hal lain yang harus dipertimbangkan selain harga. Pasalnya, mobil adalah benda yang tak bisa dipisahkan dari biaya perawatan dan perbaikan.

Baca Juga

Saat akan memilih sebuah mobil penting rasanya juga memperhatikan biaya perawatan yang harus disiapkan selama beberapa tahun kedepan. Dilansir dari Forbes pada Selasa (19/11), mayoritas produk tidak mengalami lonjakan biaya perawatan yang signifikan salam periode 10 tahun pemakaian. Nah, setelah itu, baru kemudian biaya perawatan pun mulai melonjak secara drastis.

Berdasarkan informasi dari yourmechanic.com, mobil dari pabrikan Asia memang merupakan mobil dengan biaya perawatan yang paling terjangkau. Berdasarkan data itu, Forbes pun merangkum sejumlah produk yang masuk dalam kategori mobil dengan biaya perawatan yang paling murah selama pemakaian sepuluh tahun.

Dari semua produk yang dipasarkan di dunia, Forbes mencatat bahwa Toyota memiliki total biaya perawatan yang paling minim, khususnya pada produk Yaris, Corolla dan Camry. Tercatat, ketiga produk itu hanya menyita anggaran perawatan sekitar 3.200 dolar AS higga 3.400 dolar AS selama sepuluh tahun.

Selanjutnya, urutan kedua ditempati oleh sejumlah produk dari Honda seperti Honda Fit, CR-V dan Civic. Ketiga produk itu tercatat membutuhkan biaya perawatan sekitat 3.600 dolar AS hingga 4 ribu dolar AS.

Sebagai pembanding, Forbes juga merangkum sejumlah produk yang menyita anggaran perawatan terbesar. Tapi, Forbes memberikan pengecualian bagi produk mobil mewah ekstotik seperti Bugatti.

Dari hasil rangkuman itu, urutan pertama dalam hal biaya perawatan yang paling mahal ditempati oleh Porsche 911. Mobil dua pintu ini membutuhkan biaya perawatan hingga 19 ribu dolar AS untuk pemakaian selama 10 tahun.

Selanjutnya, biaya perawatan termahal ditempati oleh BMW 640i Gran Coupe dan BMW M4 yang mencatat biaya perawatan sekitar 15 ribu dolar AS. Meski sama-sama dari Jerman, ternyata Mercedes Benz jadi pabrikan yang berhasil memberikan biaya perawatan yang lebih rendah dibandinf Porsche dan BMW. Pasalnya, produk C63 AMG AMG S ternyata hanya membutuhkan biaya perawatan sebesar 12 ribu dolar AS.

Seluruh data ini sendiri dirangkum berdasar perawatan mobil yang dilakukan sepanjang 2018. Total jumlah mobil yang didata adalah sekitar 120 ribu mobil yang berusia satu hingga 12 tahun.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA