Thursday, 14 Safar 1442 / 01 October 2020

Thursday, 14 Safar 1442 / 01 October 2020

Akhir Tahun Momen Tepat Muhasabah

Selasa 19 Nov 2019 14:30 WIB

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko

Athian Ali

Athian Ali

Foto: Republika/Akbar
Republika Jawa Barat kembali menggelar Muhasabah Akhir Tahun Republika ke-11.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Republika Jawa Barat kembali menggelar Muhasabah Akhir Tahun Republika ke-11 di Masjid Pusdai Jawa Barat, Kota Bandung pada 31 Desember 2019. Sejumlah ulama akan memberikan tausiyah dan menemani jamaah melakukan muhasabah di malam pergantian tahun.

Ketua Forum Ulama Umat Indonesia (FUUI), KH Athian Ali akan memberikan tausiyah di Muhasabah Akhir Tahun. Ia menyampaikan, malam pergantian tahun adalah momen yang tepat untuk muhasabah. Waktu pergantian tahun adalah waktu bertambah usia, artinya manusia semakin dekat dengan kematian. 

Setelah meninggal dunia, manusia akan mempertanggungjawabkan amanah kehidupan di hadapan Allah SWT. Tapi hiruk-pikuk kehidupan dunia bisa membuat manusia lalai, mereka jadi lupa suatu saat akan meninggalkan alam dunia.

"Maka manusia perlu diingatkan, maka pergantian tahun ini momen mengingatkan diri kita masing-masing bahwa suatu saat kita akan meninggalkan alam dunia dan Allah akan meminta pertanggungjawaban setiap detik dari kehidupan kita," kata KH Athian kepada Republika, Selasa (19/11).   

KH Athian juga bersyukur Republika menyelenggarakan Muhasabah Akhir Tahun secara rutin sejak belasan tahun yang lalu. Menurutnya kegiatan muhasabah ini membawa perubahan yang sangat luar biasa dari sebuah kondisi yang memprihatinkan.

Ia mengingatkan, waktu malam pergantian tahun adalah suasana yang seharusnya diisi dengan rasa syukur kepada Allah, tapi banyak yang mengisi waktu dengan kegiatan yang tidak positif. Republika sudah mengawali upaya mengajak umat melakukan kegiatan positif di akhir tahun melalui kegiatan Muhasabah Akhir Tahun.

"Ternyata dari tahun ke tahun semakin banyak yang mengikuti jejak Republika, tanpa berlebih-lebihan saya harus mengatakan itu jasa besar Republika untuk kepentingan dakwah umat," ujarnya.

Ia mengungkapkan, sekarang di berbagai kota banyak masjid-masjid besar yang ikut menyelenggarakan acara semacam muhasabah dan zikir di malam pergantian tahun. Sehingga umat Islam lebih terarah dalam mengungkapkan rasa syukur kepada Allah dengan bermuhasabah di masjid-masjid.

Ketua Panitia Muhasabah Akhir Tahun, Yusuf Supriatna menyampaikan, Muhasabah Akhir Tahun Republika ke-11 diselenggarakan pada 31 Desember 2019 sejak pagi hingga tengah malam. Akan ada kegiatan donor darah bersama Palang Merah Indonesia (PMI), hapus tato dan pemeriksaan kesehatan gratis. 

"Kemudian akan ada tausiyah dari ulama-ulama, muhasabah, dan doa bersama di tengah malam, dilanjutkan dengan qiamullail," kata Yusuf.

Sejumlah ulama yang akan mengisi tausiyah di Muhasabah Akhir Tahun di antaranya KH Athian dan Ustadz Ucu Najmuddin. Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil rencananya akan menghadiri kegiatan muhasabah untuk memberikan sambutan. 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA