Saturday, 17 Rabiul Akhir 1441 / 14 December 2019

Saturday, 17 Rabiul Akhir 1441 / 14 December 2019

In Picture: Muhammadiyah Peringati Milad Ke-107

Selasa 19 Nov 2019 11:55 WIB

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Mohamad Amin Madani

Foto: Republika/ Wihdan
Milad Ke-107 Muhammadiyah mengambil tema Mencerdaskan Kehidupan Bangsa

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL -- Muhammadiyah memperingati milad 107 tahun. Mencerdaskan Kehidupan Bangsa tidak cuma menjadi tema milad, tapi komitmen yang terus dipegang kuat dan dipersembahkan Muhammadiyah untuk Indonesia.

Diawali lantunan ayat-ayat suci Alquran, milad dibuka merdu Indonesia Raya dan Sang Surya di Sportorium UMY. Keduanya menggema diiringi Sang Surya Philharmonic Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Dalam pidatonya, Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir berharap, momentum milad jadi tempat bersyukur warga Muhammadiyah. Sehingga, yang dilakukan selalu mendapat ridho Allah SWT.

"Muhammadiyah lewat Kiai Dahlan, Nyai Dahlan, dan generasi awal Muhammadiyah, 107 tahun lalu telah menorehkan tinta sejarah keumatan dan kebangsaan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa," kata Haedar, Senin (18/11).

Ia mengingatkan, lewat iqro, Rasulullah SAW telah mengubah Madinah dari kegelapan menjadi kota yang mencerahkan. Dari sana, Islam memberi warna kepada peradaban baru, dan nilai itu yang diambil Kiai Dahlan.

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA