Sunday, 24 Jumadil Awwal 1441 / 19 January 2020

Sunday, 24 Jumadil Awwal 1441 / 19 January 2020

5 Cara Merawat Rambut Bercabang

Selasa 19 Nov 2019 11:03 WIB

Rep: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)/ Red: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)

Foto: Cosmopolitan.co.id

Foto: Cosmopolitan.co.id

Rambut bercabang salah satu permasalahan rambut yang banyak dialami perempuan. Rambut bercabang merupakan bagian ujung rambut yang membelah menjadi dua bagian. 

Rambut bercabang salah satu permasalahan rambut yang banyak dialami perempuan. Rambut bercabang merupakan bagian ujung rambut yang membelah menjadi dua bagian. 

Baca Juga

Rambut bercabang diakibatkan karena pewarnaan, pengeritingan, dan terpapar alat catokan. Buat Anda yang memiliki rambut bercabang, berikut rangkuman cara merawatnya tanpa harus memotong rambut yang bisa Anda coba. Apa saja? 

Keringkan Rambut dengan Benar

Rambut menjadi rapuh bila selama proses pengeringan tidak benar, apalagi dikeringkan dengan menggunakan handuk. Maka dari itu disarankan untuk tidak terlalu menggosok rambut dengan handuk terlalu kencang karena akan membuat rambut jadi bercabang. Baiknya peras ujung rambut yang masih basah dengan handuk secara perlahan-lahan.

Penggunaan Hair Dryer 

Rambut bercabang disebabkan penggunaan hair dryer yang terlalu sering. Perlu diingat bila rambut dalam keadaan basah ada baiknya jangan langsung menggunakan hair dryer.

Sebaiknya, tunggu rambut kering sebagian dan baru gunakan hair dryer untuk mengeringkannya. Bila Anda terlalu lama menggunakan hair dryer maka semakin rambut Anda cepat rusak salah satunya bercabang. 

Baca Juga: 4 Cara Merawat Rambut Keriting

Hentikan Penggunaan Catokan 

Sama seperti hair dryer, penggunaan catokan yang terlalu sering dapat berpotensi membuat rambut bercabang. Apalagi, ketika catokan digunakan dengan suhu panas yang sangat tinggi.

Keratin yang merupakan kandungan di dalam rambut yang berfungsi untuk melembutkan dan menguatkan rambut dapat rusak bila suhu catokan yang terlalu panas. Bila rambut bercabang sebaiknya hentikan penggunaan catokan atau alat pengeriting rambut untuk sementara waktu hingga rambut kembali sehat. 

Gunakan Sarung Bantal Bahan Sutera

Untuk merawat rambut saat tidur salah satunya dengan menggunakan sarung bantal berbahan sutera. Sarung bantal berbahan sutera memang tidak akan menghilangkan rambut bercabang sepenuhnya, tetapi ini adalah cara pencegahan yang bisa Anda lakukan. Sama halnya seperti mengikat rambut dengan gaya ponytail yang longgar sebelum tidur.

Ganti Sampo dan Kondisioner

Banyak orang yang ingin menghilangkan rambut bercabang dengan cara mengguntingnya, tapi tak sedikit juga yang ingin rambutnya dipotong. Untuk mengatasi rambut bercabang cobalah untuk mengganti sampo dan kondisioner yang memang dikhususkan untuk mengatasi masalah rambut, termasuk rambut bercabang, seperti memilih sampo dan kondisioner yang lebih melembapkan atau menguatkan akar hingga batang rambut.

BACA JUGA: Cek FASHION & BEAUTY,  Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini


Editor: ThomasRizal

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA