Rabu, 14 Rabiul Akhir 1441 / 11 Desember 2019

Rabu, 14 Rabiul Akhir 1441 / 11 Desember 2019

'Generasi Muda Harus Bangga Memiliki Pancasila'

Selasa 19 Nov 2019 09:16 WIB

Rep: ali mansur/ Red: Dwi Murdaningsih

Pancasila

Pancasila

Dengan Pancasila, Indonesia ada di tengah-tengah, tidak kanan dan tidak pula kiri.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI, Sodik Mudjahid mengatakan para generasi muda bangsa harus bangga memiliki Pancasila sebagai ideologi dasar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Pancasila mampu membawa seluruh bangsa Indonesia berbicara dan berbuat dengan tujuan persatuan dan kesatuan bersama dalam wadah NKRI.

“Mengapa kita sebagai bangsa Indonesia mesti bangga, sebab Pancasila mampu menjadi perekat yang kuat seluruh bangsa Indonesia yang sangat beragam," ujar Politikus Partai Gerindra dalam diskusi di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (18/11).

Sodik menambahkan, Pancasila menjadi begitu istimewa dan khas. Karena bangsa-bangsa di dunia hanya mengenal dua aliran ideologi yang satu sama lain saling bertolak belakang. Negara-negara yang berpaham 'kanan' yang mengambil agama sebagai landasan ideologi dan hukum seperti Arab Saudi dan Vatikan. Begitu juga sebaliknya ada negara berpaham 'kiri'.

“Sedangkan Indonesia memiliki Pancasila. Dengan Pancasila, Indonesia ada di tengah-tengah, tidak kanan dan tidak pula kiri. Inilah yang membuat Pancasila begitu sangat unik dan khas," ucap Sodik.

Sodik mengatakan di dalam Pancasila terdapat berbagai nilai seperti nilai-nilai agama.  Bukan hanya satu agama tapi lebih dari satu agama dan banyak kepercayaan serta adat istiadat.  Lalu ada nilai kemanusiaan, budaya yang semuanya sangat lengkap dan saling melengkapi.

“Bung Karno mengatakan Pancasila itu lahir dari tanah air Indonesia, dari perut bumi Indonesia sendiri.  Pancasila digali dari nilai-nilai agama dan adat budaya yang ada di Indonesia,” kata dia.

Baca Juga

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler