Saturday, 17 Rabiul Akhir 1441 / 14 December 2019

Saturday, 17 Rabiul Akhir 1441 / 14 December 2019

Kemendikbud Luncurkan Penguatan Pendidikan Karakter PAUD

Selasa 19 Nov 2019 07:22 WIB

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Muhammad Hafil

Siswa pendidikan anak usia dini (PAUD) mengunjungi museum (ilustrasi).

Siswa pendidikan anak usia dini (PAUD) mengunjungi museum (ilustrasi).

Foto: Republika/Tahta Aidilla
Pendidikan karakter di PAUD akan ditingkatkan.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (PAUD Dikmas) Harris Iskandar meluncurkan Penguatan Pendidikan Karakter PAUD, bersamaan dengan kegiatan Apresiasi Bunda PAUD, di Balai Kartini, Senin (18/11). Hal ini berkaitan dengan keinginan Presiden Joko Widodo untuk menjadikan pembangunan sumber daya manusia berkarakter.

Baca Juga

Harris mengatakan, setelah peluncuran ini maka akan lebih ditingkatkan pendidikan karakter di PAUD. "Menurut konsepnya Ki Hajar Dewantara, karakter baik itu sudah ada yang diperlukan oleh kita adalah menstimulasi agar tumbuh dan berkembang," kata dia, ditemui usai kegiatan Apresiasi Bunda PAUD.

Setelah peluncuran ini, Harris mengatakan pihaknya akan melakukan kampanye dan sosialisasi kepada PAUD terkait pendidikan karakter. Bunda PAUD juga akan ikut andil dalam sosialisasi ini.

Selain itu, kepada pendidik PAUD pemerintah juga tidak hanya melakukan sosialisasi namun pendalaman-pendalaman melalui workshop, dialog dan juga implementasi kurikulum. Ia menambahkan, pendidikan karakter ini harus dibiasakan baik kepada guru dan murid agar nantinya menjadi sebuah kebiasaan.

Apabila selama ini ada kesalahan dalam melakukan pendidikan karakter maka perlu diperbaiki. "Pertama kita ajarkan dulu nilai. Kalau dia sedikit melenceng, kembalikan sehingga terus menjadi kebiasaan dan menjadi watak," kata dia lagi.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA