Thursday, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 December 2019

Thursday, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 December 2019

Reksa Dana Syariah di Tokopedia Tumbuh Pesat

Selasa 19 Nov 2019 05:56 WIB

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Friska Yolanda

Tokopedia

Tokopedia

Foto: ist
Transaksi dan pengguna Tokopedia Reksa Dana tumbuh 1,5 kali lipat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penjualan reksa dana syariah di Lokapasar Tokopedia mengalami pertumbuhan yang pesat, baik dari segi dana kelolaan maupun jumlah investor. Pertumbuhan tersebut diklaim jauh melampaui reksa dana konvensional.

"Dari peluncuran reksa dana syariah sebelum Lebaran kemarin pertumbuhannya pesat, bahkan pertumbuhannya melampaui reksadana konvensional yang sudah dipasarkan setahun lebih dulu," ujar AVP of Fintech Tokopedia, Samuel Sentana, Senin (18/11).

Menurut Samuel, pertumbuhan ini dipicu dengan adanya fitur yang memudahkan pengguna untuk bisa tersambung dengan produk reksa dana syariah. Salah satunya dapat mengakses produk investasi ini melalui layanan Tokopedia Salam. 

Seperti diketahui, Tokopedia Salam merupakan layanan yang memudahkan pelanggan untuk membeli produk-produk ramah Muslim. Untuk beberapa produk khusus seperti kurban, Tokopedia menawarkan pembelian hanya dengan menabung reksa dana syariah.

Samuel optimistis, Tokopedia bisa mengulang kesuksesan pada tahun lalu dimana perusahaan merupakan salah satu platform penyumbang investor terbanyak. 

"Kemungkinan, 2019 Dengan adanya reksa dana syariah kami bisa replicate efek yang sama di 2018," tutur Samuel. 

Secara umum, produk investasi di Tokopedia mendapatkan antusiasme yang tinggi dari masyarakat. Di Tokopedia, Reksa Dana mengalami peningkatan jumlah transaksi serta pengguna di kuartal III 2019. Transaksi dan jumlah pengguna Tokopedia Reksa Dana masing-masing meningkat hingga 1,5 kali lipat pada September 2019 dibandingkan Maret 2019.

Tokopedia menawarkan sederet kemudahan untuk masyarakat dalam berinvestasi lewat Tokopedia. Selain bisa dilakukan hanya lewat telepon genggam kapan pun dimana pun, berinvestasi di Tokopedia juga bisa dilakukan dengan harga terjangkau, mulai dari Rp 10.000 lewat Tokopedia Reksa Dana. 

"Kami juga memastikan keamanan dalam berinvestasi karena para mitra penyedia layanan keuangan digital yang terhubung telah diawasi oleh OJK. Berbagai nilai tambah ini membuat layanan investasi reksa dana lewat Tokopedia terus mendapatkan antusiasme positif dari masyarakat,” tambah Samuel.

Saat ini Tokopedia menawarkan dua jenis reksa dana, masing-masingnya reksa dana konvensional dan syariah. Produk kovensional dikeluarkan oleh Manajer Investasi Syailendra dengan jenis Dana Kas atau Syailendra Dana Kas. Sedangkan syariah dengan reksa dana pasar uang oleh Mandiri Pasar Uang Syariah Reksa Dana.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA