Selasa, 13 Rabiul Akhir 1441 / 10 Desember 2019

Selasa, 13 Rabiul Akhir 1441 / 10 Desember 2019

Arki Sambut Persaingan di Piala Presiden Bolabasket 2019

Senin 18 Nov 2019 19:14 WIB

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah

Arki Dikania Wisnu (kanan).

Arki Dikania Wisnu (kanan).

Foto: DOK IBL
Kekuatan setiap grup berimbang di Piala Presiden Bolabasket 2019.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kapten Satria Muda (SM) Pertamina Arki Dikania Wisnu menilai hasil undian grup Piala Presiden Bolabasket 2019 yang baru saja digelar Senin (18/11) di Jakarta sudah fair. Kekuatan setiap grup berimbang di Piala Presiden Bolabasket 2019, termasuk di dalam Grup C di mana SM Pertamina tergabung bersama Prawira Bandung dan klub debutan Louvre Surabaya.

Baca Juga

"Prawira kini menggunakan pelatih baru, pemain juga ada tambahan. Louvre sebagai tim baru kita belum tahu, tetapi dilihat dari materinya juga sepertinya bagus," kata dia.

Piala Presiden Bolabasket 2019 menerapkan sistem round robin di fase grup. Tiga juara grup plus satu runner-up terbaik akan berlaga di semifinal. Terlepas dari persaingan yang sudah ketat di grup, Arki menegaskan bahwa timnya selalu menargetkan yang terbaik pada setiap kejuaraan yang akan diikuti. 

SM Pertamina sebelumnya sempat kekurangan pemain saat berlatih, karena banyak penggawa yang dipanggil ke tim nasional. Saat ini menurut Arki dengan adanya tambahan pemain rookie dan pemain binaan, jumlahnya sudah mulai banyak.

"Sebelumnya mungkin kurang dari sepuluh. Tetapi hari ini kami latihan dengan 13 pemain. Kami siap mengikuti Piala Presiden Bolabasket 2019. Saya berharap turnamen ini kontinyu digelar dan ke depannya hadiahnya bisa meningkat lagi mendekati sepak bola," ujar Arki.

Piala Presiden Bolabasket 2019 menjadi ajang pramusim IBL dan diikuti oleh sembilan klub. Tidak ada tim unggulan saat pengundian grup. Untuk Grup A akan bersaing Satya Wacana Salatiga, Pacific Caesar Surabaya dan Amartha Hangtuah. Grup B ada Pelita Jaya Basketball, Bima Perkasa Jogja dan Nah Jakarta. Adapun Grup C diisi SM Pertamina, Prawira Bandung dan Louvre Surabaya.

Rencananya pembukaan dan penutupan akan disiarkan secara langsung oleh NET TV. Melihat hasil undian kemungkinan besar pertandingan pembukaan yang akan disiarkan adalah SM Pertamina melawan Prawira Bandung. Laga ini diprediksi akan berlangsung menarik, apalagi kedua tim ini diasriteki oleh pelatih asing.

Ketua umum Perbasi, Danny Kosasih menyambut gembira ajang ini. "Piala Presiden ini ada keterbukaan, saran dari siapapun diterima. Bagus buat tim IBL satu bulan jelang liga, juga basket Indonesia (banyak jam terbang pemain). Hadiah besar juga akan memotivasi. 

Ajang ini ,engisi kekosongan, ke depan berharap terus berkelanjutan," lata dia.

Pemain Amartha Hangtuah Abraham Wenas berharap para pemain lokal lebih berkembang dengan mengikuti turnamen ini. "Ajang ini pembuktian pemain lokal. Harapan kami akan ada banyak event seperti ini. Bersyukur dengan ajang ini dan hadiahnya juga cukup besar," kata dia. Jadi akan mendapatkan hadiah senilai Rp 150 juta, kemudian posisi kedua Rp 100 juta, ketiga Rp 75 juta dan peringkat empat Rp 50 juta.

Hasil undian Piala Presiden Bolabasket 2019:

Grup A

1. Satya Wacana

2. Pacific Caesar Surabaya

3. Amartha Hangtuah

Grup B

1. Pelita Jaya Basketball

2. Bima Perkasa Jogjakarta

3. NSH Jakarta

Grup C

1. Satria Muda Pertamina

2. Louvre Surabaya

3. Prawira

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA