Friday, 9 Jumadil Akhir 1442 / 22 January 2021

Friday, 9 Jumadil Akhir 1442 / 22 January 2021

Casillas Jagokan Van Dijk atau Messi Raih Ballon dOr

Senin 18 Nov 2019 10:39 WIB

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Bayu Hermawan

Iker Casillas

Iker Casillas

Foto: EPA-EFE/Sudat Suna
Ketimbang Ronaldo, Casillas Jagokan Van Dijk atau Messi Raih Ballon d'Or

REPUBLIKA.CO.ID, PORTO -- Mantan penjaga gawang Real Madrid Iker Casillas mengklaim penyerang Barcelona Lionel Messi atau pun bek tengah Liverpool Virgil van Dijk lebih pantas meraih penghargaan Ballon d'Or tahun ini. Casillas akan merasa aneh jika mega bintang Juventus Cristiano Ronaldo yang mendapat penghargaan itu.

Pemenang Bola Emas itu akan diumumkan pada upacara Sepak bola di Prancis 2 Desember 2019 mendatang, dengan van Dijk dan Messi diyakini sebagai peraih favorit penghargaan individu bergengsi sebagai seniman kulit bundar.

"Van Dijk adalah pemain terbaik untuk UEFA, Messi adalah yang terbaik untuk FIFA. Bayangkan jika Cristiano memenangkan Ballon d'Or? Tampaknya bagi saya bahwa pedoman yang kami ikuti dalam sepak bola untuk memberikan hadiah tidak memiliki logika," tulis Casillas dalam akun Twitter pribadinya @IkerCasillas disadur Daily Mail, Senin (18/11).

Alasan bekas rekan setim Ronaldo di Madrid dilatarbelakangi dari performa CR7 musim lalu. Bersama Bianconeri, pesepak bola asal Portugal gagal mempersembahkan trofi Liga Champions dan cukup kesulitan bermain di pentas kompetisi Serie A Liga Italia.

Sementara itu, bek tengah Liverpool telah memenangkan Liga Champions, dan sukses finish di urutan kedua Liga Primer Inggris 2018/2019. Van Dijk juga membuat dampak mengesankan pada tim Juergen Klopp musim ini.

Adapun, La Pulga, julukan Messi dijagokan meraih Ballon d'Or mengingat ia sukses memberikan titel La Liga ke-10 untuk Barca, serta menjadi pencetak gol terbanyak di liga dan di Benua Eropa.

Apabila menjadi pemenang, maka Messi telah meraih titel Bola Emas kelima, menyamai rekor Ronaldo serta kembali ke langkah teratas podium penghargaan untuk pertama kalinya sejak 2015. Di sisi lain, sembilan dari 12 tahun terakhir, penghargaan Ballon d'Or kerap diberikan kepada pemain dari klub pemenang Liga Champions, dan van Dijk tentu menjadi kandidat teratas.


BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA

 
 
 

TERPOPULER

Kamis , 01 Jan 1970, 07:00 WIB