Friday, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 December 2019

Friday, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 December 2019

Mahasiswa Hukum Didorong Aktif Ikut Debat Hukum

Senin 18 Nov 2019 07:46 WIB

Rep: Ali Mansur/ Red: Andi Nur Aminah

Arfin Kommizanzili

Arfin Kommizanzili

Foto: Dok pribadi
Lomba debat hukum akan memberikan pengalaman agar siap terjun sebagai praktisi hukum.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ikatan Keluarga Alumni Fakultas Hukum Universitas Negeri Sultan Ageng Tirtayasa (IKA FH Untirta) mendorong mahasiswa Fakultas hukum aktif mengikuti lomba debat hukum nasional setiap tahun. Hal ini disampaikan oleh Ketua IKA FH Untirta Arfin Kommizanzili.

Baca Juga

"Lomba debat hukum nasional ini adalah pengalaman penting bagi mahasiswa agar mereka nanti siap terjun sebagai praktisi hukum," kata Arfin Kommizanzili, dalam siaran persnya, Ahad (17/11).

Arfin mengatakan, mahasiswa sebagai calon sarjana hukum tidak cukup hanya mempelajari teori ilmu hukum di dalam kampus. Tapi, juga ilmu di luar kampus yang bisa di dapat lewat ajang kompetisi peradilan semu atau studi lapangan. "Ilmu hukum ilmu yang aplikatif. Sulit memahami hukum acara kalau tidak melihat secara langsung," kata peraih gelar master hukum Universitas Gadjah Mada ini.

Kemudian Arfin berharap, mahasiswa Fakultas Hukum Untirta bisa menjadi juara apabila mengikuti kompetis debat hukum di luar provinsi Banten. Menurutnya, sebagai kampus negeri terbesar di Banten, mahasiswa Fakultas Hukum Untirta harus bisa mengharumkan nama kampus," katanya.

Arfin juga mendorong pemerintah pusat dan pemerintah daerah turut serta mensupport setiap kegiatan debat hukum nasional. Arfin menambahkan, penegakan hukum di negara ini pada masa depan akan berada di pundak generasi muda. "Jadi mereka perlu di support pemerintah," kata dia. Lomba debat hukum nasional yang diselanggarakan Untirta diikuti peserta di antaranya dari kampus Universitas Indonesia, UIN Syarif Hidayatullah, Universitas Lampung, Universitas Muhamadiyah, Universitas Pelita Harapan. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA