Sabtu, 17 Rabiul Akhir 1441 / 14 Desember 2019

Sabtu, 17 Rabiul Akhir 1441 / 14 Desember 2019

Serunya Jelajah Kampus IPB University

Ahad 17 Nov 2019 07:16 WIB

Red: Irwan Kelana

Rektor IPB University, Prof Dr Arif Satria meresmikan Jejalah IPB University.

Rektor IPB University, Prof Dr Arif Satria meresmikan Jejalah IPB University.

Foto: Dok IPB University
IPB kenalkan pertanian dan program studi kepada siswa SMA.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR – Hari Ahad  (10/11),  Kampus IPB Dramaga, Bogor dipadati sekurangnya lima ribuan siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat dari seluruh Indonesia. Ya, mereka sedang mengikuti acara yang sangat menarik bertajuk Jelajah IPB.

Apa itu Jelajah IPB? Kegiatan yang digelar oleh Badan Eksekutif Mahasiswa - Keluarga Mahasiswa (BEM KM) dan Biro Komunikasi ini adalah official open house yang ditujukan untuk mengenalkan lebih jauh IPB University pada siswa-siswa SMA dan sederajat. Mengangkat tema 'Temukan Potensimu, Mulai Petualanganmu Sekarang', open house ini mengadakan campus tour, campus expo, dan campus introduction.

M Nurdiansyah, presiden Mahasiswa IPB University, mengatakan karir suatu bangsa ditentukan oleh pertaniannya. “Sudah menjadi tugas mahasiswa IPB University, sebagai perguruan tinggi pertanian terbaik di Indonesia, dapat mengisi dan berkarya pada ruang-ruang pertanian negeri,” ujarnya dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Rektor IPB University, Prof Dr Arif Satria, menuturkan prestasi-prestasi IPB University yang telah dicapai selama ini. Sebagai perguruan tinggi yang dikenal dengan berbagai inovasi, Arif Satria menargetkan IPB University dapat menjadi perguruan tinggi nomor satu di Indonesia. "Orang-orang di IPB kita dorong untuk selalu berinovasi. Dari 1.115 inovasi di Indonesia, 38 persen berasal dari IPB University, " tutur dosen IPB University dari Fakultas Ekologi Manusia ini.

Lebih lanjut dikatakannya, IPB University siap menyiapkan lingkungan yang mendukung mahasiswa untuk berkembang. Karena hal yang menentukan sukses pada pasca kampus adalah softskill dan karakter. Untuk itu IPB University,  lanjutnya, menyusun kurikulum yang dapat mengasah softskill dan karakter mahasiswanya.

"IPB University telah membuka jalur seleksi untuk ketua OSIS. Jalur ini sebagai bukti kesungguhan IPB University dalam mencetak pemimpin negeri," tegasnya.

Arif Satria juga menekankan bahwa lingkup pertanian tidak sesempit yang dipikirkan banyak orang. Membicarakan pertanian tidak hanya berbicara mengenai pangan, namun kesehatan, kosmetik, dan banyak hal lain. Ia menyambut seluruh siswa SMA sederajat yang hadir dan berharap dapat melihat siswa-siswa ini kelak menjadi mahasiswa IPB University.

Jelajah IPB University juga diisi dengan pemaparan keunggulan program studi yang ada di IPB University. Tak hanya itu, stan  fakultas/sekolah disediakan untuk menggali lebih lanjut seputar keunggulan masing-masing.

Ada pula juga kegiatan campus tour, di mana para siswa dapat melihat dari dekat fasilitas kelas, laboratorium, laboratorium lapangan dan sebagainya di setiap fakultas.

Dengan hadir di acara ini, diharapkan siswa-siswa semakin mantap untuk menjadikan dirinya sebagai pejuang-pejuang kemajuan pertanian di masa depan. “Dan IPB University siap untuk mewadahi komitmen mereka dengan mendidiknya melalui serangkaian kegiatan perkuliahan, praktikum, berorganisasi dan beragam kegiatan sosial,” papar Arif Satria.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA