Friday, 16 Rabiul Akhir 1441 / 13 December 2019

Friday, 16 Rabiul Akhir 1441 / 13 December 2019

Ini Daftar 5 Orang Kaya Baru di China, Siapa Saja?

Jumat 15 Nov 2019 14:41 WIB

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id

Ini Daftar 5 Orang Kaya Baru di China, Siapa Saja Tuh?. (FOTO: Reuters)

Ini Daftar 5 Orang Kaya Baru di China, Siapa Saja Tuh?. (FOTO: Reuters)

Banyak nama-nama baru yang masuk ke dalam daftar China Richest List versi Forbes.

Warta Ekonomi.co.id, Jakarta

Tahun ini, orang terkaya di China menunjukkan jumlah yang bertambah. Banyak nama-nama baru yang masuk ke dalam daftar China Richest List versi Forbes.

Pengusaha China berhasil meraup untung meskipun terjadi perang dagang dengan Amerika Serikat (AS). Tercatat, ada 60 orang kaya baru di China tahun ini. Mereka terdiri dari pengusaha berbagai sektor, mulai dari pendidikan hingga kosmetik.

Untuk lebih lengkapnya, melansir dari Forbes, berikut lima teratas orang terkaya baru di China:

Baca Juga: Waduh, Anak Orang Terkaya di China Terlilit Utang Segini Banyaknya. . .

1. Li Yongxin

Li Yongxin merupakan miliarder yang kaya raya berkat bisnis di sektor pendidikan. Kini ia memiliki kekayaan sebesar 9,1 miliar dolar AS atau sekitar Rp 127 triliun.

Pria berusia 43 tahun ini mendirikan Teknologi Pendidikan Offcn pada 2010, debutnya di Bursa Efek Shenzhen pada 2019 melalui daftar backdoor. Memiliki bisnis yang berbasis di Beijing, yang menawarkan pelatihan bagi pelamar ujian pegawai negeri dan ujian kualifikasi profesional lainnya, mengajar 2,3 juta siswa per tahun di 880 lokasi di 319 kota China.

Kekayaan Li mencakup saham Offcn yang dimiliki oleh ibunya, Lu Zhongfang, seorang pensiunan pekerja pabrik pestisida yang menjadi investor awal dalam bisnisnya. 

2. Robin Zeng

Selanjutnya, datang dari pengusaha batrei. Robin Zeng merupakan pemilik perusahaan batrei kendaraan listrik terbesar di dunia, Teknologi Amperex Kontemporer (CATL).

Robin Zeng saat ini tercatat memiliki kekayaan senilai 5,9 miliar dolar AS atau Rp 82 triliun. Pelanggannya termasuk perusahaan mobil Daimler, Volvo dan Volkswagen.

3. Sun Huaiqing

Sun adalah pendiri perusahaan kosmetik China, Guangdong Marubi Biotechnology. Ini terkenal karena krim mata Marubi yang populer dan juga membuat produk perawatan kulit di bawah merek Haruki.

Sun, yang pernah menjadi manajer produksi di sebuah pabrik mesin listrik, mulai bekerja untuk sebuah perusahaan kosmetik lokal pada pertengahan 1990-an sebelum meluncurkan pendahulunya ke Marubi pada tahun 2002.

Baca Juga: Wanita Eks Sopir Traktor Ini Jadi Orang Kaya Baru di China, Hartanya. . .

Dia kemudian menarik perhatian LVMH Bernard Arnault, di mana perusahaan ekuitas swasta L Catterton membeli saham minoritas di perusahaan itu pada 2013. Marubi go public di Shanghai Stock Exchange pada Juni 2019, konglomerat barang mewah Prancis hanya memiliki sekitar 9% saham dari perusahaan, sementara Sun dan istrinya memegang lebih dari 80% saham.

Oleh karena itu, kekayaan bersih milik Sun Huaiqing saat ini mencapai 3,1 miliar dolar AS atau Rp 43 triliun.

4. Wu Junbao

Kemudian, miliarder Wu Junbao merupakan pendiri China East Education Holdings. Ia mampu mengumpulkan pundi-pundi kekayaan sebesar 2 miliar dolar AS atau Rp 28 triliun melalui perusahaan di sektor pendidikan tersebut.

Perusahaan ini menyediakan pelatihan kejuruan di bidang teknologi informasi, teknologi internet, layanan mobil, dan seni kuliner. Maskapai ini mengoperasikan 145 sekolah di 29 provinsi di China dan Hong Kong.

5. Charles Zhengyao Lu

Yang terakhir datang dari pengusaha kedai kopi. Charles Zhengyao Lu merupakan investor di Luckin Coffee.

Baca Juga: Terkuak! Mayoritas Konglomerat China Kaya Raya Berkat. . .

Kedai kopi yang populer, yang didirikan oleh seorang mantan eksekutif di startups Lu, membuka toko pertamanya pada Oktober 2017. Sejak itu, China dilanda badai dengan toko-toko minimalis, tanpa uang tunai dan layanan pengiriman cepat. Pada Juli, hampir memiliki 3.000 lokasi.

Lu memperoleh sebagian besar kekayaannya dari 26% saham di perusahaan itu, yang go public di Nasdaq pada Mei 2019. Kekayaan bersihnya saat ini mencapai 1,9 miliar dolar AS atau Rp 26 triliun.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA