Senin, 12 Rabiul Akhir 1441 / 09 Desember 2019

Senin, 12 Rabiul Akhir 1441 / 09 Desember 2019

Hujan Deras Guyur Wilayah Lampung

Kamis 14 Nov 2019 19:00 WIB

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Muhammad Hafil

Hujan deras/ilustrasi

Hujan deras/ilustrasi

Foto: Flickr
Hujan di Lampung terjadi pada petang dan siang hari.

REPUBLIKA.CO.ID,BANDAR LAMPUNG – Setelah lama kemarau, hujan deras mulai mengguyu wilayah Provinsi Lampung, Kamis (14/11) petang. Selain Kota Bandar Lampung, daerah lain yang turun hujan Kota Metro, Metro Kibang (Lampung Timur), Trimurjo (Lampung Tengah), dan Karang Anyar (Lampung Selatan).

Baca Juga

Pemantauan Republika, Kamis petang, hujan deras yang turun disertai angin kencang terjadi di Kecamatan Metro Kibang dan sekitarnya, membuat beberapa pohon karet tumbang. Arus kendaraan dari Kota Bandar Lampung menuju Kota Metro sempat macet karena badan jalan terhalang pohon tumbang.

 Arus kendaraan kembali normal, setelah pengendara bergotong royong menyingkirkan pohon yang melintang di jalan, setelah hujan agak reda. Hujan yang terjadi Metro Kibang untuk pertama kalinya, setelah berbulan-bulan tidak hujan.

“Ini hujan pertama langsung deras dan hujan angin. Alhamdulillah sawah-sawah kami berisi air lagi,” ujar Uswatun, warga Metro Kibang, Lampung Timur.

Hujan deras juga turun di Kota Metro, Trimurjo (Lampung Tengah), dan Kota Bandar Lampung. Hujan tersebut sempat membuat sawah-sawah petani kembali terisi air. Sawah di Trimurjo yang baru beberapa pekan ditanam padi, mulai tampak hijau.

Beberapa kawasan di Kota Bandar Lampung hampir rata turun hujan deras. Sebagian daerah lainnya sudah turun hujan perdana pada Rabu (13/11). Sedangkan hujan yang turun pada Kamis (14/11) dinilai cukup deras dan sempat membuat beberapa wilayah mengalami kebanjiran namun tidak merendam pemukiman penduduk.

“Di Bukit Kemiling Permai (BKP), hujan deras. Padahal, kemarin sama sekali tidak hujan kering berdebu,” kata Sofwan, warga Perum BKP, Kemiling, Bandar Lampung.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Radin Inten II Lampung mengabarkan, prakiraan cuaca umum di Provinsi Lampung yang berlaku sejak Kamis (14/11) hingga Jumat (15/11) mulai pukul 07.00, berpotensi hujan ringan hingga lebat. Hujan terjadi pagi, siang, dan petang hari.

Wilayah yang mulai turun hujan yakni Bandar Lampung, Lampung Timur, Metro, Lampung Selatan, Pesawaran, Pringsewu, Tanggamus, Lampung Tengah, Tulangbawang, Tulangbawang Barat, Mesuji, Waykanan, dan Lampung Utara.

Menurut BMKG, sebagian wilayah Kabupaten Lampung Barat dan Pesisir Barat, berpotensi hujan ringan hingga lebat, namun terjadi pada malam hari. Hujan yang turun pada Kamis dan Jumat berpotensi lebat disertai petir dan angin kencang, terjadi pada siang dan petang hari. 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA