Thursday, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 December 2019

Thursday, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 December 2019

Kantor Alibaba di Cina 57x Lebih Luas dari Gedung DPR!

Kamis 14 Nov 2019 12:32 WIB

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id

Bedah Kantor Pusat Alibaba di China, Hampir 57x Lebih Luas dari Gedung DPR!. (FOTO: Kadin)

Bedah Kantor Pusat Alibaba di China, Hampir 57x Lebih Luas dari Gedung DPR!. (FOTO: Kadin)

Kantor pusat Alibaba berlokasi di Kota Hangzhou, Provinsi Zhejiang, China

Warta Ekonomi.co.id, -- Menyambut perayaan festival belanja tahunan pada 11 November, markas besar perusahaan teknologi raksasa China, Alibaba tampak begitu sibuk. Karyawan berlalu-lalang, instalasi kreatif ditampilkan, begitu pula dengan deretan kegiatan para tamu yang diundang; dari promosi hingga peliputan.

Diundang sebagai salah satu peliput gelaran tahunan itu, tim Warta Ekonomi berkesempatan berkunjung ke kantor pusat Alibaba yang berlokasi di Kota Hangzhou, Provinsi Zhejiang, China. Bukan hanya mengelilingi, Warta Ekonomi juga menghimpun sejumlah fakta soal kantor perusahaan besutan Jack Ma dan timnya tersebut.

Nah, berikut ini ringkasan dari fakta-fakta yang sudah dikumpulkan:

1. Hampir 57x lebih luas dari gedung MPR/DPR

Berdiri sejak 2013, kantor pusat perusahaan raksasa teknologi China itu memiliki luas 450 hektar, hampir 57 kalinya Gedung MPR/DPR dengan luas 8 hektar. Saking luasnya, para karyawan acap kali menggunakan sepeda untuk berpindah-pindah dari satu gedung ke gedung lainnya.

Di musim gugur seperti ini, bersepeda di area kantor pusat Alibaba pada sore hari terasa baik bagi para pekerja yang butuh sedikit penyegaran.

2. Mampu menampung hingga 20 ribu orang

Perusahaan besutan Jack Ma itu kedatangan rata-rata 2 ribu tamu setiap hari. Bila dijumlah dengan 16 ribu karyawannya di kantor pusat, maka total orang yang datang mencapai 18 ribu per hari. Buktinya, ketika Warta Ekonomi berkunjung ke sana bertepatan dengan Festival Belanja 11.11, areanya begitu ramai oleh karyawan dan para tamu yang berasal dari sejumlah negara.

3. Dilengkapi ruang tunggu keluarga dan apartemen karyawan

Untuk menyambut para keluarga karyawan, perusahaan menyediakan ruang tunggu khusus yang didesain menyerupai ruang tunggu bandara. Di dalamnya juga disediakan makanan-makanan ringan, dispesner, dan minuman-minuman yang bisa diseduh seperti teh goji.

Sementara itu, di dekat gedung Alimall dan FlyZoo Hotel tersedia 2 ribu unit apartemen bersubsidi yang hanya bisa ditempati melalui undian.

4. Berperan sebagai pusat inkubasi produk bisnis Alibaba

Salah satu unit bisnis Alibaba, Freshippo, memiliki layanan pengantaran persediaan makanan segar berdasarkan permintaan daring. Nah, sebelum resmi meluncur pada 2017, layanan tersebut sudah diinkubasi alias diuji coba lebih dulu di kantor Alibaba sejak 2015 guna menyesuaikan kebutuhan dan permintaan para konsumen di China.

5. Punya ‘segudang’ fasilitas

Terdapat delapan gedung perkantoran, satu gedung pameran (Museum Alibaba), satu gedung untuk para eksekutif dan tamu VIP, taman, hingga danau. Selain itu, kompleks kantor pusat Alibaba juga dilengkapi kantin, restoran, empat kantor pos, toko roti, toko bakpao, tiga toko serba ada, salon, toko buah, toko bunga, gerai cukur, kafe, serta area parkir.

Gedung-gedung itu saling terhubung melalui jembatan dan tangga darat. Omong-omong, Presiden Jokowi sudah pernah dijamu di kantor eksekutif Alibaba loh!

Lebih lanjut, fasilitas-fasilitasnya pun tak lepas dari pemanfaatan teknologi, seperti pengenalan makanan yang ada di kantin Gedung 5. Teknologi itu mampu mengidentifikasi jenis makanan yang ada di meja bufet. Pembayarannya pun harus menggunakan Alipay, tak ada transaksi pakai uang tunai.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA