Saturday, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 December 2019

Saturday, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 December 2019

PLN Perkuat Pasokan Energi Ramah Lingkungan

Rabu 13 Nov 2019 16:04 WIB

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Gita Amanda

Pemasangan jaringan listrik PLN. (Ilustrasi)

Pemasangan jaringan listrik PLN. (Ilustrasi)

Foto: MOHAMAD HAMZAH/ANTARA FOTO
Rencana perkuatan sistem ini di mulai dengan diresmikannya Kabel Laut Circuit II.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam rangka mendukung program pemerintah dalam pengembangan salah satu dari 10 kawasan strategis pariwisata nasional, PT PLN Perusahaan Listrik Negara (PLN) (Persero) melalui PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya memberi dukungan penuh melalui Perkuatan Sistem Ketenagalistrikan di Kepulauan Seribu. Rencana perkuatan sistem ini di mulai dengan diresmikannya Kabel Laut Circuit II yang menjulang dari Tanjung Pasir ke Pulau Untung Jawa.

Pulau Untung Jawa adalah salah satu dari gugusan Kepulauan Seribu yang secara administrasi tercatat sebagi salah satu pulau di Kecamatan Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu Selatan, yang terbagi menjadi tiga kelurahan, yaitu Kelurahan Pulau Tidung, Kelurahan Pulau Pari dan Kelurahan Pulau Untung Jawa.

Kabel Laut Circuit II yang diresmikan hari ini memiliki panjang 5.390 MS (Meter Sirkuit) yang akan memasok Gardu Pulau Untung Jawa dan menambah daya mampu Kepulauan Seribu menjadi 20 MVA yang sebelumnya hanya 10 MVA sehingga dapat melayani seluruh pelanggan PLN dengan nyaman dan semakin andal karena beban puncak Kepulauan Seribu sebesar 5 MVA saat ini dipasok melalui dua circuit secara simultan.

Selain meresmikan Kabel Laut Circuit II, demi memperkuat sistem ketenagalistrikan di kawasan wisata Kepulauan Seribu, PLN juga melakukan revitalisasi aset-aset yang dimiliki PLN di Kepualauan Seribu, seperti revitalisasi Gardu Hubung Tanjung Pasir, Gardu Pulau Tidung Besar, Gardu Pulau Pramuka, Gardu Pulau Panggang dan Gardu Pulau Untung Jawa agar pasokan listrik yang dialirkan melalui Kabel Laut Circuit II tersebut tetap andal sampai ke pelanggan.

Dalam program perkuatan sistem ketenagalistrikan di Kepulauan Seribu ini PLN juga didukung dengan beberapa aset eksisting, yaitu satu buah gardu induk, dua buah trafo gardu induk, 20.774 MS SKTM (Saluran Kabel Tegangan Menengah) 20 KV, 5.390 MS SKLTM (Saluran Kabel Laut Tegangan Menengah), 6 buah Gardu Distribusi / Gardu Hubung, 1.795 MTR Jaringan Tegangan Rendah dan 195.975 MTR Sambungan Rumah. Seluruh aset tersebut melayani 141 Pelanggan Pascabayar dan 7.957 Pelanggan Prabayar di Kepulauan Seribu.

“Saat ini listrik di Kepulauan Seribu sudah kami perkuat, yang sebelumnya hanya satu circuit menjadi dua circuit sehingga pasokan lebih andal. Dengan andalnya pasokan listrik, harapan kami sektor pariwisata di Kepulauan Seribu makin meningkat sehingga membuat ekonomi masyarakat di Pulau Untung Jawa khususnya dapat menguat," ujar Ikhsan, Rabu (13/11).

Dengan bantuan dan perkuatan sistem ketenagalistrikan di Kepulauan Seribu dari PLN. "Kami berharap Kepulauan Seribu menjadi pelopor Green Island yang seluruhnya pasokan energinya ramah lingkungan.

Baca Juga

Bersamaan dengan peresmian ini, PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya juga memberikan bantuan lain kepada tujuh warga kurang mampu berupa penyambungan listrik gratis, yang terdiri atas penyambungan gratis daya 450 VA bagi tiga pelanggan, dan daya 900 VA bagi empat pelanggan serta wakaf 100 Alquran, pengobatan gratis, santunan dana bagi warga pulau Untung Jawa dari YBM PLN.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA