Wednesday, 14 Rabiul Akhir 1441 / 11 December 2019

Wednesday, 14 Rabiul Akhir 1441 / 11 December 2019

Tip Mengetahui Instagram yang Terkena Hack

Rabu 13 Nov 2019 12:31 WIB

Rep: Ronald Ricardo (cek n ricek)/ Red: Ronald Ricardo (cek n ricek)

.

.

Jika Anda merupakan pengguna Instagram aktif, risiko jadi korban peretasan atau kena hack pasti terus menghantui.

Ceknricek.com -- Jika Anda merupakan pengguna Instagram aktif, risiko jadi korban peretasan atau kena hack pasti terus menghantui. Untuk mencegah hal itu, ada beberapa orang yang menyediakan akun cadangan.

Sebenarnya, semua peristiwa hacking tidak memiliki solusi jitu. Namun bukan berarti tidak ada yang bisa Anda lakukan untuk merebut kembali akun yang sudah Anda besarkan sebagai portfolio, album kenangan dan sarana komunikasi dengan orang-orang.

Lantas bagaimana caranya kita mengetahui apakah kita menjadi korban peretasan? Berikut tips mengetahui Instagram yang terkena hack.

Periksa Jejak Hack

Sebelum merebut kembali akun Instagram milik Anda, tentu harus tahu pasti bahwa akun itu memang benar diretas atau direbut oleh orang asing. Biasanya peristiwa peretasan seperti ini meninggalkan jejak yang bisa ditemukan.

Jejak tersebut bisa berupa notifikasi yang dikirimkan langsung dari Instagram. Biasanya, ini terjadi jika akun Anda diakses dari daerah atau negara lain di luar wilayah biasa Anda mengakses. Jika itu terjadi, notifikasi akan langsung dikirimkan bersama tautan untuk mengubah password.

Ketika ada orang yang masuk dan mencoba mengubah e-mail atau password akun Instagram pun ada notifikasi yang dikirimkan ke e-mail terdaftar. Pastikan anda tidak luput melihat aktivitas e-mail semacam ini.

Baca Juga: Instagram Luncurkan Fitur "Restrict" Untuk Atasi Perundungan

Cek Aktivitas Akun

Ada juga jejak yang mesti perlu dilacak sendiri. Biasanya, ini terjadi jika akun Instagram Anda diakses menggunakan e-mail dan password yang kamu daftarkan.

Peretas akan masuk dan bisa memakai akun Instagram Anda secara diam-diam. Untuk menemukannya, cek aktivitas yang dilakukan melalui akun Anda, lalu cari apakah ada aktivitas yang sebenarnya tidak Anda lakukan.

Opsi Account Data

Terakhir, Anda juga bisa memakai opsi Account Data di Instagram untuk mengetahui aktivitas log-in, perubahan pengaturan privasi, atau perubahan alamat e-mailView Account Data bisa ditemukan jika membuka Instagram melalui browser desktop. Masuk ke kolom Profile, klik ikon Setting, lanjutkan ke Privacy and Security, dan pilih View Account Data. 

BACA JUGA: Cek RISET & DUNIA KAMPUS Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini


Editor: ThomasRizal

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA