Sunday, 18 Rabiul Akhir 1441 / 15 December 2019

Sunday, 18 Rabiul Akhir 1441 / 15 December 2019

5 Alasan Perut Terasa Cepat Lapar Ketika Sedang Bekerja

Kamis 14 Nov 2019 09:09 WIB

Rep: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)/ Red: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)

Foto: enuniversal.com.mx

Foto: enuniversal.com.mx

Rasa lapar salah satu penyebab seseorang hilang konsentrasi saat sedang bekerja.

Rasa lapar salah satu penyebab seseorang hilang konsentrasi saat sedang bekerja. Biasanya sehabis jam makan siang, perut terasa lapar lagi hingga membuat Anda jadi lebih sering mengemil. 

Bosan menjadi salah satu alasan yang umum terjadi di waktu kerja. Dari pagi, siang hingga malam menghabiskan waktu di depan komputer di kantor seringkali membuat Anda jenuh sehingga memicu pada kebiasaan makan. Berikut lima alasan lainnya perut terasa cepat lapar ketika waktu bekerja.

Terlalu banyak makanan manis

Bila banyak mengonsumsi makanan manis, maka semakin besar kemungkinan Anda cepat merasa lapar. Seperti memulai hari dengan minum kopi bergula, biskuit manis, camilan batang, serta buah bukanlah makanan yang baik dikonsumsi untuk mengontrol rasa lapar di waktu kerja. 

Disarankan untuk memperbanyak konsumsi sayur-sayuran, salad, makanan, dan camilan tinggi protein seperti greek yoghurt, keju, kacang-kacangan, ikan, daging, dan telur untuk menjaga perut tetap kenyang.

Menyiapkan persediaan camilan 

Penyebab lainnya yang membuat orang selalu lapar di waktu kerja adalah karena banyak makanan di sekitar. Menyiapkan persediaan camilan yang menggoda misalnya biskuit dan camilan lainnya akan membuat Anda cenderung untuk memakannya. Hindari pula kebiasaan minum teh di pagi atau siang hari yang melibatkan kue atau biskuit tinggi gula. 

Makan di depan komputer

Tak sedikit orang yang memilih untuk makan siang di depan layar komputer. Kondisi sering dikaitkan dengan pola makan yang berantakan. Sebuah studi yang dipublikasikan pada jurnal perilaku makan, Appetite, menemukan bahwa mereka yang makan siang sambil menonton televisi atau komputer cenderung mengonsumsi lebih banyak kalori. Para peneliti menyimpulkan, kebiasaan itulah yang membuat seseorang memiliki kebiasaan makan yang buruk di waktu berikutnya.

Baca Juga: 6 Camilan Sehat untuk Menemani Kerja di Kantor

Makan ketika orang lain makan

Rasa lapar juga dipengaruhi orang-orang di sekitar. Misalnya, jika rekan kerja Anda hobi ngemil, maka Anda cenderung mengikuti pola makan tersebut meskipun belum tentu lapar. Hal lain yang belum tentu Anda sadari adalah semakin banyak makanan yang diasup, maka semakin banyak pula makanan diinginkan tubuh. Kebiasaan ini jika dibiarkan dapat menyebabkan berat badan berlebih.

Rasa haus

Orang dewasa membutuhkan setidaknya dua liter air per hari untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Sekitar 70 persen orang dewasa mengalami dehidrasi setiap harinya. Rasa haus tersebut seringkali memberikan sinyal yang membingungkan bagi tubuh dan ditangkap sebagai sinyal lapar, terutama pada cuaca hangat.

Rasa haus, lapar, adalah refleks yang cenderung lemah. Artinya, ketika Anda merasa haus, sebenarnya sudah mengalami dehidrasi. Jadi, pastikan Anda selalu menyimpan botol air ketika sedang bekerja dan targetkan konsumsi air sekitar 1-1,5 liter untuk menjaga rasa lapar tetap di bawah kontrol.

BACA JUGA: Cek OPINI, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.


Editor: Farid R Iskandar

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA