Selasa 12 Nov 2019 05:27 WIB

Jakarta Berpotensi Jadi Kota Ramah Sepeda

Sudah saatnya sepeda dijadikan bagian integral dari sistem transportasi kota

Rep: Amri Amrullah/ Red: Gita Amanda
Tanda sepeda tertera di jalur pedestrian di Jl Jenderal Sudirman, Jakarta.
Foto: Putra M Akbar
Tanda sepeda tertera di jalur pedestrian di Jl Jenderal Sudirman, Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Keseriusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menjadikan ibu kota sebagai tempat yang ramah bagi pesepeda patut diapresiasi. Rencana pembangunan jalur sepeda sepanjang 200 kilometer( km), dari awal perencanaan 49 km, pada 2020 dijadikan program prioritas Dinas Perhubungan DKI.

Baca Juga

Menurut Anggota DPD RI DKI Jakarta Fahira Idris langkah Pemprov DKI ini sangat tepat, mengingat keberadaan jalur sepeda memang sudah menjadi kebutuhan bagi kota seperti Jakarta. Menurutnya, apa yang direncanakan Pemprov DKI ini mematahkan stigma kebanyakan perencanaan transportasi di berbagai kota Indonesia yang belum menjadikan sepeda sebagai bagian integral dari sistem transportasi kota.

 

Fahira melihat sepeda masih dianggap inferior diantara moda transportasi lain. Sebab banyak daerah lebih fokus pada infrastruktur untuk kendaraan bermotor. Sementara untuk transportasi tidak bermotor mulai dari sepeda sampai pejalan kaki belum menjadi prioritas. 

“Jika kebijakan ini (melipatgandakan jalur sepeda sebagai prioritas) konsisten, Jakarta punya potensi besar menjadi salah satu ‘kota ramah sepeda’," kata Fahira dalam keterangan pada wartawan, Senin (11/11).

Ia melihat sudah saatnya sepeda dijadikan bagian integral dari sistem transportasi kota. Oleh karena itu, baik program maupun penganggarannya juga harus jadi prioritas. Menurut Fahira, menjadikan sebuah kota ramah sepeda adalah pekerjaan besar dan butuh puluhan tahun.

Ia memberi contoh Kota Amsterdam, butuh puluhan tahun menjadi kota ramah sepeda. Keberhasilan mereka ditopang oleh kasadaran masyarakat yang didukung oleh kebijakan pemerintah yang konsisten terutama terkait alokasi anggaran dan pembangunan infrastruktur jalur sepeda.

Bahkan saat ini, walau sudah dinobatkan sebagai kota paling ramah sepeda, Pemerintah Kota Amsterdam masih terus berinovasi untuk terus meningkatkan kenyamanan bagi peseda lewat berbagai program dan keberbihakan anggaran.

 

Tahun 1980, lanjut Fahira, Pemerintah Kota Amsterdam sudah menetapkan bahwa sepeda adalah transportasi masa depan mereka. Visi ini sebagai respon dari tingginya pencemaran udara akibat pembangunan infrastruktur jalan yang hanya diprioritaskan untuk kenderaan bermotor dan tingginya angka kecelakaan di Amsterdam saat itu.

Warga Amsterdam pun meninggalkan mobil dan beralih ke sepeda. Jadi apa yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta saat ini (melipatgandakan jalur sepeda) adalah sebuah langkah awal yang baik.

"Saya yakin jika program ini dijalankan dengan konsisten dan didukung oleh keberbihakan anggaran, 10 atau 20 tahun ke depan, sepeda akan menjadi pemandangan di jalanan Jakarta. Tempat-tempat parkir yang didominasi kenderaan bermotor perlahan akan berganti, diisi dengan sepeda,” tutur Wakil Ketua Badan Pengkajian MPR RI ini.

Sebagai informasi, dalam Kebijakan Umum APBD Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KUAPPAS) 2020 terdapat anggaran pembangunan jalur sepeda sebesar Rp 62 miliar. Besarnya anggaran ini dinilai sebagai salah satu langkah serius Pemprov DKI Jakarta menjadikan sepeda bagian integral dari sistem transportasi kota.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement