Wednesday, 8 Sya'ban 1441 / 01 April 2020

Wednesday, 8 Sya'ban 1441 / 01 April 2020

Baru Dua Jam Diskon Single Day Alibaba Raup Rp 256 T

Senin 11 Nov 2019 09:42 WIB

Red: Indira Rezkisari

Alibaba

Alibaba

Foto: EPA
Merek China mendominasi penjualan di Single Day Alibaba.

REPUBLIKA.CO.ID, HANGZHOU -- Nilai transaksi yang dibukukan oleh raksasa perniagaan elektronik asal China Alibaba Group pada dua jam pertama Festival Belanja Global, Senin dini (11/11) hari, telah mencapai angka fantastis. Yaitu 128,15 miliar Yuan atau sekitar Rp 256,6 triliun.

Hitung mundur pembukaan ajang yang dikenal dengan sebutan 11-11 itu dipusatkan di Mercedez Benz Arena, Shanghai, sejak Ahad (11/11) malam, yang diisi dengan berbagai ragam hiburan dan dihadiri oleh pendiri Alibaba Jack Ma beserta sejumlah perwakilan negara sahabat di China.

Sementara sejumlah awak media dari dalam dan luar China memantau pergerakan nilai transaksi belanja dalam jejaring (daring) tersebut dari kantor pusat Alibaba di Hangzhou, Provinsi Zhejiang. Untuk sementara nilai transaksi tersebut melampaui pencapaian pada ajang serupa tahun 2015.

Beberapa merek dari China, seperti Xiaomi, Midea, dan Haier, mendominasi penjualan barang ekspor pada jam-jam awal festival. Produk pakaian dari China juga mendominasi penjualan dalam negeri, namun produk dari luar negeri yang dibeli oleh masyarakat China pada jam-jam awal festival itu didominasi oleh jenis makanan, kosmetik, susu dan perlengkapan bayi, serta diaper.

Sementara pembeli terbanyak produk dari China berasal dari Hong Kong, Taiwan, Amerika Serikat, Australia, Singapura, Jepang, Malaysia, Inggris, Makau, dan Kanada.

Barang-barang dari Indonesia, seperti mi siap saji dan biskuit serta kopi instan juga turut ditransaksikan pula. Nilainya tapi tidak sebesar produk-produk global lainnya.

Indomie, misalnya, yang dijual dengan harga 19,9 yuan atau sekitar Rp 40.000 untuk untuk paket berisi 10 bungkus ukuran 80 gram hingga Senin pukul 09.00 waktu setempat (08.00 WIB) sudah dibeli secara daring oleh 8.195 orang. Demikian pula biskuit Nabati yang dijual seharga 9,9 yuan (sekitar Rp 20.000) sepaket sudah ditransaksikan oleh 14.423 orang.

Nilai transaksi tersebut akan terus berubah hingga penutupan Festival 11-11 yang berlangsung pada Selasa (12/11) pukul 00.00.

Selama ajang tersebut berlangsung, penjual yang menawarkan barang melalui platform milik Alibaba memberikan diskon besar-besaran sehingga menarik minat para pembeli. Diskon berlaku di China maupun di negara-negara lain.


Baca Juga

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA