Thursday, 23 Zulhijjah 1441 / 13 August 2020

Thursday, 23 Zulhijjah 1441 / 13 August 2020

Kebakaran Landa 3 Hektare Lahan di Kawasan Wisata Karangpara

Ahad 10 Nov 2019 16:56 WIB

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Yudha Manggala P Putra

Kebakaran (Ilustrasi)

Kebakaran (Ilustrasi)

Foto: Youtube
Kebakaran mulai terjadi pada Subuh tadi, siang seluruhnya sudah padam.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Kejadian kebakaran melanda kawasan wisata Karangpara di Kampung Padaraang RT 01 RW 11 Desa Kebon Manggu, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Ahad (10/11). Akibatnya lahan seluas sekitar tiga hektare ludes dilalap kobaran api.

Data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi menyebutkan, kebakaran tersebut mulai terjadi pada Ahad subuh sekitar pukul 04.00 WIB. ‘’ Pada saat itu warga berhasil memadamkan kobaran api,’’ ujar Koordinator Pusdalops BPBD Kabupaten Sukabumi, Daeng Sutisna kepada wartawan Ahad.

Namun kobaran api kembali menyala pada pukul 10.30 WIB. Di mana api membakar rumput kering sehingga sangat sulit dipadamkan karena medan yang terjal.

Selain itu ditambah lagi angin meniup kencang. Dampaknya kobaran api merembet ke tempat wisata dan menghanguskan tiga warung milik  pedagang di kawasan wisata Karangpara.

Dari hasil pendataan sementara lanjut Daeng, lahan yang terbakar mencapai luas sekitar tiga hektare. Selain itu merusak tiga unit warung milik warga yang berada di kawasan tersebut.

‘’ Api bisa dipadamkan pada pukul 12.30 WIB,’’ terang Daeng. Beruntung, dalam peristiwa ini tidak ada korban jiwa. Penanganan kebakaran dengan melibatkan aparat Kecamatan Gunungguruh, pemerintah desa, babinsa, bhabinkamtibmas, dan warga setempat.

Kerugian akibat kejadian ini di perkirakan sebesar Rp 30 juta. Ke depan kata Daeng, warga di sekitar lokasi kejadian untuk mewaspadai potensi kebakaran karena cuaca saat ini yang masih panas. Misalnya dengan tidak membakar lahan secara sembarangan yang bisa merembet atau mengancam permukiman warga.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA