Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Meningkatkan Omzet Bisnis Melalui Komunitas Bersama Tribelio

Sabtu 09 Nov 2019 16:25 WIB

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id

Meningkatkan Omzet Bisnis Melalui Komunitas Bersama Tribelio. (FOTO: Bernadinus Adi Pramudita)

Meningkatkan Omzet Bisnis Melalui Komunitas Bersama Tribelio. (FOTO: Bernadinus Adi Pramudita)

Peningkatan pemasukan tentu menjadi tujuan yang ingin dicapai pelaku usaha.

Warta Ekonomi.co.id, Jakarta

Peningkatan pemasukan tentu menjadi tujuan yang ingin dicapai pelaku usaha. Dalam menunjang pemasukan sendiri, peningkatan penjualan pun juga harus ditingkatkan.

Salah satu cara meningkatkan penjualan sendiri dapat dilakukan melalui komunitas. Adanya interaksi baik antara penjual dan pembeli, maupun antara pembeli dan pembeli dapat meningkatkan tingkat penjualan dari sebuah produk.

Membangun jaringan komunitas sendiri dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti melalui platform media sosial, aplikasi perpesanan, atau forum jual beli pada laman daring. Namun, kendali kepada komunitas yang terbagi dalam berbagai platform tersebut sering menjadi kendala bagi pelaku usaha dalam melakukan promosi dalam komunitas mereka.

Baca Juga: wartaekonomi.co.id /read255392/berburu-promo-1111-bersama-shopback-bisa-cuan-banyak.html">Berburu Promo 11.11 Bersama ShopBack, Bisa Cuan Banyak!

Salah satu aplikasi yang membantu pelaku usaha dalam mengatur komunitas mereka yakni tribelio . Tribelio sendiri adalah aplikasi yang membantu orang dalam membangun dan mengelola komunitas mereka.

Banyak pelaku bisnis membuat grup komunitas bisnisnya di platform media sosial yang sudah ada di publik. Namun, penggunaan platform-platform tersebut penggunaannya masih terbatas seperti dalam hal mengakses database masing-masing member komunitas.

"Dengan Tribelio, pengelolaan sepenuhnya ada di tangan pelaku bisnis itu, di mana sebagai pemilik grup, atau kami biasa sebut sebagai chief, dapat mengelolanya secara penuh," kata founder dan CEO Tribelio, Denny Santoso di Emporium Pluit, Sabtu (9/11/2019).

Denny juga menyebut bahwa pengelolaan komunitas yang baik akan berdampak pada keberlangsungan sebuah bisnis. Ia menyebut potensi kenaikan revenue jika komunitas dikelola dengan baik dapat mencapai sepuluh kali lipat.

Baca Juga: Wow, Kesepakatan Bisnis di FESyar Surabaya Tembus Rp19 Triliun

"Platform Tribelio ini diharapkan dapat meningkatkan potensi bisnis dan peningkatan revenue hingga sepuluh kali," tambahnya.

Aplikasi Tribelio sendiri merambah ke dalam Google Playstore pada 19 September 2019, dengan jumlah pengguna mencapai 10 ribu lebih hingga kini. Denny menyebut sudah ada sekita 500 chiefs lebih yang bergabung dengan Tribelio, dan sudah ada 22 ribu member yang menjadi anggota dari 500 chiefs tersebut.

"Harapannya, pengguna Tribelio ini bisa mencapai satu juta orang hingga tahun depan," kata Denny.

Chief dengan member terbanyak dipegang oleh Arthur Simon, seorang dokter kulit dan kecantikan di Kalimantan Timur dengan member sebanyak 3.700 orang. Kemudian William Tanzania, pelajar Indonesia yang mengambil studi ke Jepang dan membuka akun Instagram untuk mengajarkan bahasa Jepang, memiliki member sekitar 3.600.

Denny menambahkan, dengan membangun hubungan yang baik maka besar kemungkinan orang akan menjadi loyal dengan produk yang dimiliki pelaku usaha.

"Biarpun ada produk di luar sana yang lebih murah misalnya, mereka akan cenderung memilih produk yang ditawarkan oleh sosok yang mereka percaya, walaupun harganya lebih mahal" katanya. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA