Jumat, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Jumat, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

AYPI Fokus pada Pendidikan Adab dan Akhlak Mulia

Sabtu 09 Nov 2019 11:48 WIB

Red: Irwan Kelana

Pengurus Asosiasi Yayasan Pendidikan Islam (AYPI) menggelar rapat untuk memberikan masukan kepada pemerintah terkait dunia pendidikan ke depan.

Pengurus Asosiasi Yayasan Pendidikan Islam (AYPI) menggelar rapat untuk memberikan masukan kepada pemerintah terkait dunia pendidikan ke depan.

Foto: Dok AYPI
AYPI memberikan masukan kepada kementerian pendidikan dan kementerian agama.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Asosiasi Yayasan Pendidikan Islam (AYPI) fokus kepada pendidikan adab dan  akhlak mulia . Hal itu ditegaskan oleh pengurus AYPI seusai menggelar rapat pengurus AYPI di Sekretariat AYPI Jakarta, Rabu (6/11).

Rapat yang dipimpin oleh Ketua Umum AYPI,  H Mirdas Eka Yora itu dihadiri oleh Hj Puti Draga Rangkuti, Mansyur Sukya, Isnaldi M Dini, dan Rini. Juga hadir,  Ketua Dewan Pembina AYPI,  H E Afrizal Sinaro. 

“Hasil rapat pengurus AYPI menegaskan, rumusan dasar pendidikan Islam sejatinya sudah baku, yakni mendahulukan adab dan akhlak mulia, serta mengajarkan ilmu secara beradab, sesuai derajat ilmu dan tantangan problematika kontemporer, dengan tujuan melahirkan manusia-manusia pejuang yang unggul dalam pemikiran, jiwa, dan raga,” kata Ketua Umum AYPI, Mirdas Eka Yora melalui rilis yang diterima Republika.co.id, Kamis (7/11).

Ia menambahkan, sebagai rasa tanggung jawab bersama, AYPI memberikan masukan kepada pemerintah terkait dunia pendidikan ke depan. 

Penerapan adab sejak dini mulai dari keluarga dan sekolah, sesuai dengan tujuan pendidikan nasional yaitu pengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa.

Kedua, meningkatkan  literasi dengan budaya membaca dan menulis sejak usia dini, dimulai dari "keluarga membaca".

Ketiga, lembaga pendidikan swasta dijadikan laboratorium peningkatan kualitas pendidikan, pemerintah memberikan kreteria standar mutu.

Keempat, memberikan kewenangan pelatihan tenaga pendidik dan kependidikan kepada lembaga profesi dan asosiasi yang memenuhi persyaratan.

Kelima, penerapan teknologi yang mencerdaskan dan bertanggung jawab.

“Hasil rumusan rapat AYPI ini kami kepada kementerian pendidikan dan kementerian agama sebagai bahan pertimbangan dalam mengambil kebijakan dalam pemerintahan Indonesia Maju,” ujar Mirdas.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA