Selasa 29 Oct 2019 00:07 WIB

Cafe Bhinneka Diresmikan di UNS

Cafe Bhinneka di UNS diharapkan jadi tempat tukar informasi dan berdiskusi.

Rep: Binti Sholikah/ Red: Esthi Maharani
Gedung kantor pusat Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo.
Foto: Republika/Binti sholikah
Gedung kantor pusat Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO - Bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda, Cafe Bhinneka yang berada di Komplek Kantin Fakultas Teknik (FT) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo diresmikan, Senin (28/10). Peresmian dilakukan oleh Rektor UNS, Jamal Wiwoho didampingi Dekan FT UNS Sholihin As'ad dan Pembina Gerakan Cinta Merah Putih, Sumartono Hadinoto.

Cafe Bhinneka di Kampus Benteng Pancasila tersebut diharapkan menjadi lokasi yang tepat untuk media bertukar informasi maupun berdiskusi berbagai tema untuk kemajuan bangsa. Terutama diskusi kebangsaan maupun mengenai pencegahan radikalisme.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor UNS Jamal Wiwoho menyatakan apresiasi dan menyambut baik atas ide dan inisiasi atas pendirian Cafe Bhinneka ini. "Hari ini merupakan hari spesial karena bertepatan dengan Peringatan Sumpah Pemuda. Sehingga pas dengan namanya yaitu Cafe Bhinneka, tetap Indonesia, semoga ke depan Indonesia lebih maju, damai dan sejahtera," ujar Jamal seperti tertulis dalam siaran pers.

Jamal menambahkan, dengan hadirnya Cafe Bhinneka di lingkungan kampus UNS, diharapkan bisa dimanfaatkan oleh civitas akademika sebagai media tukar informasi dan berdiskusi. Kehadiran Cafe Bhinneka juga diharapkan bisa menjadi alternatif untuk menciptakan kecintaan civitas akademika UNS terhadap tanah air. "Misalnya dengan menggelar diskusi kebangsaan, diskusi mencegah radikalisme di cafe yang konsepnya terbuka seperti ini," imbuhnya.

Sementara itu, Pembina Gerakan Cinta Merah Putih, Sumartono Hadinoto mengatakan, Gerakan Cinta Merah Putih ingin bisa berkontribusi untuk negeri. Salah satu yang dilakukan dengan membuat Cafe Bhinneka bekerja sama dengan FT UNS dan didukung oleh Pusat Studi Pancasila LPPM UNS.

"Di Cafe Bhinneka ini bisa menjadi sarana untuk ngumpul mahasiswa dan mengerti apa itu Bhinneka. Dan kami berharap mahasiswa lulusan UNS tidak hanya berprestasi melainkan juga benar-benar cinta dengan Indonesia," kata Sumartono.

Sumartono berharap, Cafe Bhinneka bisa disambut baik oleh masyarakat UNS. Terkait harga makanan dan minuman yang ditawarkan diklaim sesuai dengan kantong mahasiswa. Cafe Bhinneka buka pagi hingga malam pukul 20.00 WIB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement