Jumat 18 Oct 2019 20:37 WIB

Mahasiswa Amikom Ukir Prestasi di Cyber Jawara 2019

Cyber Jawara bertujuan meningkatkan kesadaran terhadap keamanan informasi.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Dwi Murdaningsih
Tim R.O.P yang sukses jadi juara dua Cyber Jawara 2019.
Foto: amikom
Tim R.O.P yang sukses jadi juara dua Cyber Jawara 2019.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Tim R.O.P dari Universitas Amikom Yogyakarta sukses menjadi juara dua Cyber Jawara 2019. Mereka sukses mengungguli CUM Reborn dari ITB di posisi tiga, sedangkan juara satu diraih Tim Zen dari UI.

Cyber Jawara merupakan kompetisi keamanan siber nasional dengan metode online dan on-site. Memainkan permainan Computer Network Defence, Penetration Test, Capture The Flag dan Forensic Analysis.

Baca Juga

Cyber Jawara bertujuan meningkatkan kesadaran terhadap peningkatan pendidikan dan etika dalam keamanan informasi. Digelar melalui serangkaian kompetisi dunia maya yang mencakup forensik, peretasan etis dan pertahanan.

Tim Zen dari Universitas Indonesia (UI) menjadi juara pertama mendapatkan hadiah Rp. 25 juta, berhak mewakili Indonesia di kompetisi hacking level Asia Tenggara Cyber SEA Games di Bangkok, Thailand.

Tim R.O.P merupakan tim yang dilahirkan atas dasar kolaborasi dan sinergi. Mereka terdiri dari dua mahasiswa Universitas Amikom Yogyakarta dan satu mahasiswa Universitas Diponegoro.

Dari Amikom, ada Bayu Fedra Abdullah yang mendapat hadiah Rp 19.830.456 dan Muhammad Fani Akbar yang mendapat hadiah Rp 19.83.0457. Yang lebih hebat keduanya ternyata masih semester satu di Amikom.

Ketua Program Studi Teknik Komputer Amikom, Melwin Syafrizal, memberi pujian atas prestasi dua mahasiswa Amikom tersebut. Terlebih, walaupun masih semester satu sudah mampu menunjukkan talenta luar biasa.

"Di samping itu, mereka juga sudah punya jaringan pertemanan yg sangat bagus, sehingga bisa berkolaborasi dengan mahasiswa universitas lainnya," kata Melwin, Jumat (18/10).

Melwin berharap, mereka dapat terus mengembangkan diri agar kemampuan teknisnya dapat terasah. Ia berpesan pula agar mereka terus membangun jaringan komunikasi atau pertemanan dengan mahsiswa dan komunitas lain.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement