Jumat, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Jumat, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Mahasiswa Amikom Masuk Empat Besar Wreck IT 2019

Jumat 08 Nov 2019 15:47 WIB

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Gita Amanda

Kampus Universitas Amikom Yogyakarta.

Kampus Universitas Amikom Yogyakarta.

Foto: Wahyu Suryana.
Kompetisi bidang keamanan siber itu digelar Sekolah Tinggi Sandi Negara.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Tim ROP Universitas amikom Yogyakarta berhasil meraih posisi empat Wreck Information Technology (Wreck-IT) 2019. Kompetisi bidang keamanan siber itu digelar Sekolah Tinggi Sandi Negara.

Tim ROP sendiri terdiri dari Muhammad Fani Akbar dan Bayu Fedra dari Teknik Komputer. Wreck-IT menghadirkan perlombaan Capture The Flag (CTF), Cyber War Games (CTF) dan seminar tren-tren keamanan siber.

Berbagai pakar-pakar bidang keamanan siber dihadirkan dalam agenda tersebut. Di antaranya, Direktur Proteksi Ekonomi Digital BSSN Anton Setiyawan, dan pakar-pakar Gildas Deograt Lumy dan Onno W Purbo.

Babak penyisihan Capture The Flag dilaksanakan secara daring dengan sistem jeopardy. Pendaftaran CTF dihelat gratis dengan total hadiah Rp 45 dan diikuti lebih dari 160 tim dari seluruh Indonesia.

Direktur Kehumasan dan Urusan Internasional Amikom, Erik Hadi Saputra mengatakan, sembilan tim terbaik dengan poin tertinggi terpilih melanjutkan ke babak final. Mereka bersaing bersama satu tim dari Bank Cinarmas.

"Di babak final itu, 10 tim terbaik bertanding dalam Cyber War Games, yaitu kompetisi simulasi dalam melakukan serangan dan membobol sistem yang telah disediakan," kata Erik, Jumat (8/11).

Berbagai aspek-aspek yang diasah dalam kompetisi ini terkait banyak bidang. Mulai dari reverse engineering, cryptography, web application security, penetration testing dan lain-lain. 

Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA