Jumat, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Jumat, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Punya 12 Juta Subscriber, Calon Sarjana Ternyata Gemar Curi Karya! Warganet Sampai Murka

Jumat 08 Nov 2019 14:51 WIB

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id

Punya 12 Juta Subscriber, Calon Sarjana Ternyata Gemar Curi Karya! Warganet Sampai Murka. (FOTO: Unsplash/Christian Wiediger)

Punya 12 Juta Subscriber, Calon Sarjana Ternyata Gemar Curi Karya! Warganet Sampai Murka. (FOTO: Unsplash/Christian Wiediger)

Kami dari segenap keluarga besar Calon Sarjana memohon maaf kepada channel YouTube

Warta Ekonomi.co.id, Bogor

Saluran wartaekonomi.co.id /tag3794/youtube.html">Youtube ' calon sarjana ' jadi buah bibir dunia kreator konten Indonesia karena adanya kabar plagiat karya yang dilakukan oleh kreator di balik akun itu. Sebenarnya, bagaimana kasusnya?

Calon Sarjana 'diserang' dengan berbagai bukti yang menunjukkan, video yang mereka unggah merupakan hasil jiplakan. Beberapa konten yang dijiplak berupa gambar  thumbnail video, hingga topik dan judul video yang ternyata hasil alih bahasa; bukan konten original.

Bak maling tertangkap basah, tim Calon Sarjana pun menyampaikan permohonan maaf melalui akun Twitter-nya. "Kami dari segenap keluarga besar Calon Sarjana memohon maaf kepada channel YouTube 'JT' @JTonYouTube, atas kesalahan kami dalam menggunakan ide, dan menggunakan thumbnail serta potongan video tanpa seizin yang bersangkutan," tulisnya, dikutip Jumat (8/11/2019).

Baca Juga: Banyak Uang dari Youtuber, Reza Oktavian Pernah Dituding Bandar Narkoba

Mereka pun mengonfirmasi kesalahan yang mereka buat, lalu menyampaikan permohonan maaf kepada kreator yang kontennya sudah mereka jiplak.

Masih lewat cuitan, Calon Sarjana juga berujar, "kami juga memohon maaf kepada seluruh subscribers dan pihak yang kami kecewakan."

Respon warganet didominasi oleh cuitan bernada tidak suka. Salah satu dari warganet pun meminta Calon Sarjana untuk memberikan royalti kepada saluran JT karena mereka sudah menjiplak banyak video.

"Jangan lupa beri royalti ke @JTonYouTube, kan sudah untuk banyak tuh, puluhan video dengan penonton jutaan. Minta maaf saja kurang cocok untuk ide dan karya yang dicomot," tulis pengguna bernama @Afftyesi itu.

Sekadar informasi, hingga saat ini Calon Sarjana sudah memiliki sekitar 12,4 juta pelanggan. Bahkan, saluran itu masuk sebagai salah satu saluran Youtube terfavorit di salah satu ajang penghargaan tahunan.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA