Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Menteri ESDM: Jaga Produksi Blok Mahakam

Jumat 08 Nov 2019 12:55 WIB

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Nidia Zuraya

Arifin Tasrif diperkenalkan Presiden Joko Widodo sebagai Menteri ESDM saat pengumuman jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju di tangga beranda Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/10/2019).

Arifin Tasrif diperkenalkan Presiden Joko Widodo sebagai Menteri ESDM saat pengumuman jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju di tangga beranda Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/10/2019).

Foto: Antara/Wahyu Putro A
Blok Mahakam sebagai salah satu tulang punggung produksi migas nasional.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri ESDM, Arifin Tasrif mengunjungi blok mahakam di Kalimantan Timur pada hari ini, Jumat (8/11). Dalam kunjungan tersebut ia meminta kepada PT Pertamina (Persero) selaku operator Blok Mahakam dan juga kepada SKK Migas untuk bisa menjaga produksi Blok Mahakam.

Arifin mengatakan baik Pertamina, Pemerintah dan SKK Migas perlu melakukan sinergi dan langkah strategis untuk bisa menaikan atau paling tidak menjaga produksi migas di tanah air.

"Pertamina sebagai operator yang mendapatkan kepercayaan Pemerintah untuk mengelola blok tersebut diharapkan dapat terus menaikkan kapabilitas sumber daya di Pertamina serta mendorong untuk melakukan kegiatan eksplorasi yang lebih masif," ujar Arifn, Jumat (8/11).

Khususnya di Blok Mahakam, Arifin juga meminta agar Pertamina dan SKK Migas bisa melakukan segala upaya untuk menahan laju penurunan alami produksi Blok Mahakam. "Pertamina perlu melakukan segala upaya agar penurunan produksi dapat ditekan seminimal mungkin," tambah Arifin.

Kepala Divisi Komunikasi SKK Migas, Wisnu Prabawa Taher menjelaskan Blok Mahakam memberikan kontribusi yang besar bagi produksi migas nasional. SKK Migas menaruh perhatian besar di Blok Mahakam sebagai salah satu tulang punggung produksi migas nasional.

"SKK Migas terus mendorong Pertamina untuk meningkatkan kegiatan eksplorasi dan pengeboran sumujr baru di Blok Mahakam," ujar Wisnu.

Pertamina melalui anak usahanya, PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM) secara agresif terus melakukan pengeboran di Blok Mahakam. Tahun 2019, Pertamina mengebor 121 sumur, melampaui target awal sebanyak 118 sumur.

Jumlah ini merupakan tertinggi dalam 7 tahun terakhir. Pada tahun 2012 tercatat sebanyak 105 sumur yang dibor. Tahun depan ditargetkan Pertamina mengebor 257 sumur.

Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA