Monday, 9 Rabiul Awwal 1442 / 26 October 2020

Monday, 9 Rabiul Awwal 1442 / 26 October 2020

Bangun 5 'Bali' Baru, Menhub Minta Menteri BUMN Lakukan Ini

Kamis 07 Nov 2019 22:40 WIB

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Ani Nursalikah

Puluhan kapal bersandar di Dermaga Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT.

Puluhan kapal bersandar di Dermaga Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT.

Foto: ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Budi mengakui persoalan tiket pesawat juga penting untuk penumpang dan maskapai.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah saat ini akan berupaya membangun lima 'Bali' baru, yaitu Danau Toba, Borobudur, Labuan Bajo, Likupang, dan Mandalika. Untuk mendukung pembangunan tersebut, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan harga tiket pesawat juga terpengaruh sehingga Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) diminta mendukung.

"Oleh karena itu kita harus bergerak ke sana. Kita dukung harga avtur turun, Kementerian BUMN dan Pertamina bisa memberikan harga kompetitif," kata Budi di Redtop Hotel, Kamis (7/11).

Meskipun begitu, Budi mengakui persoalan tiket pesawat juga penting untuk penumpang dan maskapai. Budi menegaskan maskapai juga harus untung agar operasional bisa terus berjalan.

Setelah harga avtur dicari jalan keluar, Budi menuturkan nantinya juga akan merembet kepada sewa pesawat. "Setelah leasing bagus sehingga harga pokok penjualan (HPP) itu turun," ujar Budi.

Setelah itu, akan dicari kembali upaya untuk bagaimana harga pokok penjualan tiket pesawat kembali murah. Dia meminta hal tersebut juga bisa dibahas oleh Indonesia National Air Carriers Association (INACA).

Sebelumnya, Budi mengungkapkan beberapa tantangan yang harus dihadapi dalam membangun lima ibu kota baru. "Kita harus menyelesaikan pembangunan sehingga aksebilitas antarmoda terjadi di titik wisata," kata Budi.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA