Sabtu, 30 Jumadil Awwal 1441 / 25 Januari 2020

Sabtu, 30 Jumadil Awwal 1441 / 25 Januari 2020

Maruf: Hanya di Indonesia RS Dibangun Gotong Royong

Kamis 07 Nov 2019 13:01 WIB

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Esthi Maharani

Wakil Presiden Ma'ruf Amin saat meresmikan Rumah Sakit Umum Syubbanul Wathon di Tegalrejo, Magelang, Jawa Tengah, Kamis (7/11).

Wakil Presiden Ma'ruf Amin saat meresmikan Rumah Sakit Umum Syubbanul Wathon di Tegalrejo, Magelang, Jawa Tengah, Kamis (7/11).

Foto: Fauziah Mursid / Republika
RS Syubbanul Wathon dikerjakan gotong royong oleh banyak pihak

REPUBLIKA.CO.ID, MAGELANG -- Wakil Presiden Ma'ruf Amin baru saja meresmikan Rumah Sakit Umum (RSU) Syubbanul Wathon di Magelang, Jawa Tengah, Kamis (7/11). Penandatanganan prasasti menandai peresmian rumah sakit yang dibangun atas kerjasama PBNU, Lippo Group dan pesantren di wilayah tersebut.

Dalam sambutannya, Kiai Ma'ruf juga menyinggung pembangunan RS Syubbanul Wathon yang dikerjakan gotong royong oleh banyak pihak. Menurut Ma'ruf, itu mencerminkan ciri khas Indonesia.

"Saya kira ini ciri khas Indonesia, mungkin di negara lain hampir tidak ada rumah sakit, sekolah yang dibangun oleh secara gotong royong, dan ini suatu kelebihan," ujar Ma'ruf di Tegalrejo, Magelang, Kamis (7/11).

Ma'ruf Amin menyebut, tradisi gotong royong merupakan suatu kearifan lokal bangsa Indonesia. Karena itu, ia berharap tradisi gotong royong tersebut terus dipertahankan oleh masyarakat Indonesia. Ia pun mengapresiasi kerjasama PBNU, Lippo Group dan Pesantren dalam pembangunan RS tersebut.

"Ini suatu kelebihan, atau apa yang kita sebut suatu kearifan, kearifan kita, kearifan nasional, kearifan lokal yang perlu dijaga," ujar Ma'ruf.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu pun berharap nantinya RS Syubbanul Wathon menjadi rumah sakit yang dapat melayani semua masyarakat. Tak hanya itu, ia berharap RS Syubbanul tidak hanya fokus pada pengobatan, tetapi juga ikut membantu Pemerintah dalam progtam pencegahan penyakit.

"Bagaimana juga melakukan upaya-upaya pencegahan,  promotif ya, tidak hanya kuratif sebab penting supaya yang sakit tidak banyak," kata Ma'ruf.

Peresmian RS yang dibangun sejak 2018 itu dihadiri pendiri dan chairman Lippo Group Mochtar Riady, Menteri Kesehatan RI Letjen TNI (Purn) Terawan Agus Putranto, Gubernur Jawa Tengah H. Ganjar Pranowo, Ketua Umum PBNU Prof. Dr. KH. Said Aqil Siroj, Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar, manajemen RSU Syubbanul Wathon dan Siloam Hospitals Group.

Beragam pelayanan dan fasilitas rumah sakit yang berkapasitas 122 tempat tidur ini, antara lain instalasi gawat darurat 24 jam, laboratorium dan farmasi 24 jam, serta fasilitas penunjang seperti ultrasonografi dan X-ray.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA